Minahasa Tuan Rumah Jambore Tagana Asean ke-11 Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Apel Siaga dalam rangka Jambore Nasional Tanggap Siaga Bencana (Tagana) Asean +3 ke-11 Tahun 2017, dilaksanakan di Lapangan Sam Ratulangi Tondano / God Bless Minahasa Kelurahan Wawalintouan Kecamatan Tondano Barat, Kamis (27/10/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah Pejabat Kementerian Sosial RI diantaranya, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Ir. Harry Hikmat, M.Si, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI Adhy Karyono, A.Ks. M.AP, Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam Kemensos RI Ian Kusmadiana, M.Si dan Kasubdit Kesiapsiagaan Mitigasi Kemensos RI Nimajito Trisiwandewi.

Apel Tagana tersebut dipimpin oleh Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos. Dalam arahannya mewakili Menteri Sosial RI, beliau menyampaikan apel tersebut menunjukkan kepada semua pihak bahwa Tagana hadir ditengah masyarakat untuk selalu siap siaga dalam membantu para korban bencana.

“Karena kita tahu bersama negara kita adalah salah satu daerah yang rawan terjadi bencana,” katanya.

Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada semua peserta yang hadir dalam kegiatan Jambore Nasional Tagana dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi, Pemkab Minahasa dan Pemkot Tomohon sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan.

“Semoga kegiatan saat ini bisa memberikan manfaat bagi semua peserta Tagana dan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan,” tandasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga pejabat daerah diantaranya Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O. E. Kandouw bersama isteri dr. Kartika Devi Tanos, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Istri Gubernur Kepulauan Riau selaku Bunda Tagana Kepri Noor Lizah Nurdin, Wakil Walikota Ternate H. Abdullah Taher, Dir Sabhara Polda Sulut Kombes Pol Bambang Suwardi, Bupati Taliabu Aliong Mus, Walikota Pangkal Piang M. Irwansyah, Forkpimda Sulut dan Forkopimda Kabupaten Minahasa.

Apel Jambore Tagana ini juga dihadiri perwakilan Basarnas RI, para mitra kerja Tagana dan sponsor Jambore Nasional Tagana, perwakilan dari Jepang (Hitoshi Igarasih, Hideaki Yoshimura, Daiki Yamamoto dan Yoshimasa Kawahara), perwakilan dari Malaysia Adnan Yasin, perwakilan dari Philipina Imee S. Rose Castilo, perwakilan Brunai Darussalam Atiqah Ibrahim, perwakilan dari Cambodia Chhour Sopannha dan diikuti juga peserta Jambore Nasional Tagana dari 34 Provinsi di Indonesia dan tamu undangan serta masyarakat sekitar 3.500 Orang.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota se-Indonesia sebagai pembina Tagana oleh Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos.

Kementerian Sosial RI juga menyerahkan bantuan untuk Pemkab Minahasa berupa 1 Unit Kendaraan dapur Umum Lapangan dan 2 Unit kendaran R2, untuk Pemkot Tomohon mendapatkan 1 Unit Kendaraan Dapur Umum dan 1 Unit kendaraan R2.

Kemensos juga menyerahkan jaket dan paket sembako kepada 84 kusir bendi serta bantuan bagi 159 Kepala Keluarga korban banjir di Kabupaten Minahasa berupa perlengkapan rumah dan uang Rp. 3 juta/KK.

Penulis: Humas Polres Minahasa
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password