Bawaslu RI Gelar Sosialisasi bagi Pemilih Pemula di Tondano

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar tatap muka bersama stakeholder dan masyarakat dalam rangka pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2018, Kamis (26/10/2017) bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tondano.

Hadir dalam kesempatan itu anggota Bawaslu Republik Indonesia Bidang Koordinator Divisi Penindakan DR. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Herwin J. H. Malonda, SH, SM.Pd.

Menurut DR. Ratna, kegiatan ini juga akan kami laksanakan di 32 Provinsi lainnya, kebetulan di Kabupaten Minahasa akan dilakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2018 secara langsung.

“Tahun 2018 nanti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan secara serentak dan butuh konsentrasi serta keseriusan bersama karena selain 32 Provinsi ada 115 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Minahasa yang akan melaskanakan Pilkada,” katanya.

Menurutnya tidak mudah ketika akan menghadapi pergantian pemimpin, namun pihaknya sudah menyediakan Program Pengawasan Partisipatif yang mengorganisasi dan menginvintarisasi data yang ditemukan oleh masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang demokratis.

“Program Pengawasan Partisipatif bukan sebagai objek tetapi secara subjek, dan Bawaslu mengajak masyarakat ikut serta dalam mengawasi. Subjek artinya pemilik hak Konstitusional dan Panwas saat ini bukan hanya dapat mengawasi Pemilu tetapi bisa menindak dan melaporkan,” tukasnya.

Sementara itu Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung, SIK yang turut hadir dalam acara tersebut mengingatkan agar para pemilih pemula yang berusia 17 tahun agar berhati hati untuk menggunakan Sosial Media (Sosmed) karena nantinya akan terkena Undang Undang ITE.

“Jangan pernah melakukan hal-hal yang menyebabkan fitnah, ujaran kebencian atau ujaran yang mengarah pada sara di Media Sosial, karena semua hal itu bisa terkena Pidana dengan Undang Undang ITE, dan ini bukan untuk menakut-nakuti pemilih pemula tapi ini merupakan Warning,” tegas Kapolres.

Kegiatan tersebut juga dihadiri juga Ketua Panwas Kabupaten Minahasa Bapak Donny Rumagit, anggota Panwas Kabupaten Minahasa Rendy Umboh dan Erwin Sumampouw, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Drs. Dolfie Kasenda, para pelajar sebagai pemilih pemula dan perwakilan dari partai politik.

Penulis: Humas Polres Minahasa
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password