Gelar Mediasi, Kapolsek Sonder Berhasil Selesaikan Masalah Penggunaan Tanah Tanpa Izin

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Polsek Sonder menerima laporan tentang penggunaan tanah tanpa izin dari pemiliknya, Kamis (26/10/2017).

Kasus dilaporkan oleh Hengky Senduk selaku pemilik tanah yang berlokasi di Desa Tounelet, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa (wilayah hukum Polres Tomohon), sedangkan terlapornya berinisial LSN.

Sesaat usai menerima laporan tersebut, Kapolsek Sonder, Iptu Stanly Korua bersama Kanit Binmas dan Pemerintah Desa Tounelet Satu, berinisiatif menggelar mediasi untuk menyelesaikan permasalahan.

Mediasi berlangsung di rumah Kepala Desa Tounelet Satu, Rini Tenda, dihadiri oleh pelapor, terlapor dan Sekretaris Desa Tounelet, Hendra Bunga. Dalam mediasi diketahui, terlapor menduduki tanah kebun yang bukan miliknya dan telah diolah namun tanpa seizin dari pemilik tanah.

Setelah mendapat saran, masukan dari pihak kepolisian dan pemerintah desa, pelapor tanpa paksaan dari pihak manapun, akhirnya bersedia mencabut laporannya.
Pelapor juga memaafkan terlapor seraya berharap perbuatan serupa tidak akan terulang lagi.

Kapolsek Sonder, mengapresiasi kebijaksanaan dari pelapor. “Dengan demikian permasalahan sudah selesai. Harapan kita bersama, kedua belah pihak tetap hidup berdampingan dengan rukun dan damai,” ujarnya.

Kesepakatan tersebut selanjutnya dituangkan dalam surat musyawarah bersama, yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, disaksikan Kapolsek, Kepala Desa dan Sekretaris Desa Tounelet Satu.

Penulis: Rony
Editor: Alfian
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password