Bripka Yudi Apriadi Seoarang Polisi yang Inspiratif Bagi Orang Disekitarnya

Tribratanews.polri.go.id,- Polda Kep. Babel, Seorang Bhabinkamtibmas merupakan sosok Polisi yang paling dekat dengan masyarakat. Karena tugasnya yang langsung bersentuhan dan berinteraksi dengan masyarakat, tentunya dengan menjadikan contoh yang baik serta teladan bagi masyarakat.

Seperti Bhabinkamtibmas satu ini, Seorang Bhabinkamtibmas Desa Dalil yakni Bripka Yudi Apriadi SH, MH yang sangat dikenal masyarakat sebagai sosok Polisi idaman bagi masyarakat binaanya Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka.WhatsApp Image 2017-10-27 at 08.52.42

Bagaimana tidak, Polisi lulusan Bintara SPN Betung tahun 2003 ini sukses membuat terobosan yang sangat di apresiasi oleh Kepala Desa serta masyarakat Desa Dalil. Polisi yang biasa disapa Bripka Yudi berhasil menyulap tanah Desa Dalil kurang lebih setengah hektar yang tidak digunakan menjadi perkebunan cabai.

Alhasil, dari perkebunan cabainya ini meningkatkan taraf ekonomi hidup Desa Dalil. Dari terobasannya, dinilai masyarakat selain meningkatkan taraf hidup mereka, juga sangat efektif mengurangi kenakalan remaja. Sebabnya Bripka Yudi merangkul para pemuda untuk menjalankan terobosannya ini.

Dalam menjalankan terobosannya menyulap lahan kosong menjadi perkebunan cabai, rupanya Bripka Yudi hanya mengandalkan gajinya sebagai Polisi. Mulai dari membeli bibit hingga membeli pupuk.

Ternyata, dari jerih payahnya ini tidak berbuah sia-sia. Bripka Yudi berhasil memanenkan hasil perkebunan cabainya ini bersama-sama dengan masyarakat.

Selain dikenal masyarakat sebagai Bhabinkamtibmas bersahaja, rupanya Polisi kelahiran tahun 1982 ini dikenal masyarakat sebagai Polisi yang sangat cerdas dan berprestasi. Ini terlihat dari gelar yang disandang oleh Bripka Yudi.

Suami dari Dwi Noprisakti,S.Kep ini merupakan Polisi yang berhasil menempuh pendidikannya hingga S2. Bripka Yudi berhasil mendapat Gelar S1 jurusan Hukum Pidana pada tahun 2012 dan S2 jurusan Hukum Kenegaraan pada tahun 2016 di Universitas STIH Pertiba Pangkalpinang. Namun itu tidak membuat seorang Bhabinkamtibmas Desa Dalil ini berhenti mengejar dunia pendidikan, tahun ini Bripka Yudi sedang menjalankan program studi S3 jurusan Ilmu Hukumnya di Universitas Indonesia.WhatsApp Image 2017-10-27 at 08.53.21

Dari gelar yang telah didapatkannya dari S1 hingga S2, ternyata Bripka Yudi juga masih memiliki cita-cita yang sangat besar yakni berharap suatu saat nanti dia bisa menjadi seorang Profesor.

Bukan hanya mengemban tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas, Bripka Yudi ternyata juga mengemban tugasnya sebagai seorang Dosen di Universitas Bangka Belitung dan Universitas Terbuka. Namun hal itu tidak pernah melalaikan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas.

Menurut salah satu rekannya sesama Dosen di Universitas Bangka Belitung Ibu Tauratya, Bripka Yudi ini dikenal merupakan sosok pribadi yang sederhana dan sangat telaten serta ulet dalam melakukan pekerjaannya. Dan Bripka Yudi juga sangat mudah bergaul baik sesama dosen maupun kepada mahasiswanya sehingga hal ini menjadikan sebagai panutan bagi dirinya dan orang lain,”ujarnya.

Kesederhanaanya ini terlihat dari Bripka Yudi yang jika ingin mengajar mahasiswa di Universitas Bangka Belitung menggunakan mobil pick up yang biasanya dibawa ke kebun cabainya terkadang juga menggunakan sepeda motornya.WhatsApp Image 2017-10-27 at 08.52.40

Sementara itu, dari pengakuan Bripka Yudi sendiri bahwa masyarakat sering sekali menyuruhnya untuk menyalonkan diri sebagai seorang Wakil Rakyat. Tetapi karena kecintaannya terhadap institusi Polri ini membuat dirinya tetap berpegang teguh dari hati untuk tetap menjadi seorang abdi negara, karena dari menjadi seorang Polri inilah dia mulai karirnya dari Nol hingga seperti ini.

Terakhir, bagi Bripka Yudi orangtuanya adalah sosok yang paling penting dan tidak boleh dilupakan dari hidupnya. Berkat doa orangtuanya dia bisa seperti ini walaupun orangtuanya dulu bisa dikatakan adalah orangtua dari kalangan orang yang tidak berada. Namun itu semua tidak menjadi halangan baginya dan itu justru yang memacu Bripka Yudi untuk terus berkarya.

 

Penulis          : Team

Editor              : Alfian Nurnas

Publish          : Rohen Babel

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password