Banjir Merendam Beberapa Rumah dan 1 SD di Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si, bersama jajarannya melakukan pengecekan sejumlah pekon Kecamatan Kelumbayan yang di laporkan terendam banjir, Kamis (26/10/17).

“Bencana Banjir di Sejumlah Pekon Kecamatan Kelumbayan dilaporkan merendam 5 rumah penduduk dan 1 Sekolahan, saat ini Relawan Bencana sudah turun di lokasi Banjir. Saya sendiri sedang menuju ke lokasi, data lengkap kami infokan selanjutnya”, kata AKBP Alfis Suhaili, melalui sambungan telfone.

Senada dengan Kapolres, Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.Pd.I mengaku sudah memerintahkan tim tanggap darurat dari BPBD maupun Dinas Sosial untuk ke lokasi banjir di Kecamatan Kelumbayan.

Banjir di Tanggamus Lampung Mulai Surut, Puluhan Rumah Dilaporkan Rusak.

“Ya, sudah saya perintahkan tim tanggap darurat untuk menyusul, untuk laporan terkini saya belum terima sebab tim sedang dijalan,” ujar Samsul yang ditemui usai membuka kegiatan penguatan profesionalisme guru se Kecamatan Kotaagung-Kotaagung Barat di gedung PGRI, Kamis siang (26/10).

Hi. Samsul Hadi juga mengaku bakal segera kelokasi banjir untuk memantau langsung keadaan. “Saya akan kesana (lokasi banjir). Pemkab juga akan memberikan bantuan sesuai yang dibutuhkan masyarakat, makanan siap saji dan pakaian,” katanya lagi.

Kemudian saat disinggung mengenai buffer stock yang kosong digudang dinas sosial. Samsul menyatakan bisa menggunakan dulu buffer stok yang ada di provinsi. “Bisa kita minta dulu keprovinsi untuk buffer stoknya,” ujar dia.

Untuk kerugian yang diderita masyarakat akibat banjir ini, Samsul mengaku masih dihitung. “Saya juga perintahkan untuk menghitung berapa kerugian, nanti akan pemda bantu,” pungkas Samsul

Sementara itu Banjir yang melanda sejumlah pekon di Kecamatan Kelumbayan, diperkirakan akibat luapan air dari area perbukitan lantaran guyuran hujan deras dari Rabu (25/10) malam hingga Kamis (26/10) pagi.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanggamus Romas Yadi , setelah area perbukitan tak mampu lagi menampung air hujan, air lantas mengalir ke bawah dan merendam pemukiman warga.

“Dari laporan tadi subuh, ketinggian air mencapai satu meter. Kalau sore ini mungkin sudah surut,” ujar Romas Yadi.

Ia juga mengimbau warga yang berada di bantaran sungai, agar lebih hati-hati dan mengungsi ke daerah yang lebih aman untuk sementara ini. Itu semua demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Romas Yadi juga menegaskan, tim gabungan BPBD, Basarnas, dan TNI/Polri akan terus disiagakan di lokasi-lokasi korban banjir sampai penanganan musibah tersebut selesai dilakukan.

“Kami belum tahu seberapa parah kondisi di sana dan berapa jumlah pasti pekon serta rumah warga yang terendam banjir. Karena sore ini, tim gabungan serta Pak Wabup dan Pak Sekda masih dalam perjalanan menuju Kecamatan Kelumbayan,” tandas Romas.  (*)

Penulis : Tim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih Lpg / Polres Tanggamus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password