Si Jago Merah Mengamuk, Satu Rumah di Kampung Buntusu Habis Dilalap

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Sebuah rumah di Kampung Buntusu, Kecamatan Tamalanrea Makassar hangus terbakar api, Rabu (25/10/17).

Mengetahui informasi terjadinya kebakaran di Kampung Buntusu, Kapolsek Tamalanrea Kompol Syamsul Bakhtiar sigap menghubungi Pemadam kebakaran dan langsung mendatangi TKP bersama personil lainnya.

Diduga akibat lilin yang meleleh yang dipakai saat lampu padam, rumah milik Wirahadi menjadi koban amukan si jago merah. Kebakaran tersebut menelan tiga korban jiwa.

“Kebakaran diduga akibat lilin yang meleleh, saat kejadian Wirahadi tidak berada dirumahnya. Untuk korban jiwa ada tiga yakni ibu istri dan anak bungsunya, sementara kerugian materil diperkirakan sebanyak Rp. 150 juta,” jelas Syamsul.

Ketiga korban dievakuasi oleh DPI Dokkes Rs. Bhayangkara dan Satgas Damkar menuju ke Rs. Wahidin.

Banyaknya peristiwa kebakaran yang terjadi ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut, dirangkum dari situs Badan Nasional Penanggulangan berikut hal-hal yang perlu dilakukan :

(1) Bijak menggunakan listrik dan peralatannya

Sebaiknya Anda tidak menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Di samping itu, hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi, karena apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.

(2) Jauhkan barang-barang pemicu api

Pertama, Anda harus tahu barang apa saja yang dapat memicu api. Tidak hanya korek api, minyak tanah, dan tabung gas saja, tetapi botol-botol parfum dan hairspray juga dapat memicu api. Sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dengan rapi di tempat yang jauh dari jangkauan api dan anak-anak.

(3) Bijak menggunakan tabung dan kompor gas

Perbanyaklah pengetahuan Anda tentang tabung gas dan kompor gas. Salah satunya adalah dengan tidak menyolok bibir tabung gas dengan pisau. Selain itu, jika Anda merencanakan bepergian untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor.

(4) Sediakan alat pemadam kebakaran di rumah

Ada baiknya Anda mempunyai alat pemadam kebakaran sederhana di dalam rumah. Pemasangan alat deteksi asap pun akan membawa keuntungan yang lebih bagi Anda.

(5) Waspada Rokok

Bagi perokok, sebaiknya Anda tidak merokok di dalam rumah, karena bara api akan dengan mudah memicu kebaran. Akan lebih baik lagi jika Anda belajar untuk berhenti merokok.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password