Aiptu Joko Riyanto Bangkitkan Motivasi Kepedulian Warga Akan Kebersihan Sungai

Tribratanews.polri.go.id : – Polda Jatim, Kanit Binmas Polsek Glagah Polres Banyuwangi Aiptu Joko Riyanto SH dan Bhabinkamtibmas Desa Kampunganyar Bripka Abdul Ghafur SH, Kamis (26/10/2017) pukul 07.00 WIB bersama Warga Desa Kampunganyar melaksanakan pembersihan sungai dari sampah organik dan anorganik guna menjaga keindahan dan kebersihan.

Mengajak masyarakat peduli lingkungan, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas bersih-bersih sungai. Sasaran yang menjadi fokus kegiatan ini adalah Sungai Gulung, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah.

“Ini salah satu bentuk partisipasi polisi, untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan. Namun begitu, ini bukan berarti langkah yang akan merubah secara drastis. Ini hanya sebuah awal untuk langkah-langkah berikutnya,” kata Aiptu Joko Riyanto SH.

Dalam waktu dua jam, tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang Sungai Gulung berhasil dikumpulkan. Selanjutnya, tumpukan sampah itu diangkut kendaraan untuk dibawa Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Jumlahnya cukup banyak, yang jelas dengan banyaknya tumpukan sampah yang terkumpul, ini menunjukkan persoalan sampah harus menjadi perhatian yang serius,” tambah Kanit Binmas Polsek Glagah.

Oleh karena itu, Aiptu Joko Riyanto memberikan himbauan agar Pemerintah Desa Kampunganyar segera membuat Peraturan Desa (Perdes) yang melarang warga untuk membuang sampah sembarangan. Selain itu, mendorong Pemerintah Desa membuat tempat sampah sebanyak-banyaknya.

“Sehingga saat kita melarang orang buang sampah sembarangan, sudah ada solusinya, ada tempat sampah-nya. Bagaimana jika saya melarang jangan buang sampah tapi tempatnya tidak ada, jadi repot, tidak efektif itu akhirnya,” tegas Joko Riyanto.

Dia berharap, ke depan kegiatan ini bisa dilakukan secara kontinyu dengan melibatkan warga masyarakat yang lebih banyak lagi. “Kita libatkan masyarakat yang lebih besar. Demi kebersihan lingkungan kita dan yang terpenting adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan pengelolaan sampah yang baik,” tutup Kanit Binmas Polsek Glagah.

Penulis : Ice / Polres Banyuwangi

Editor    : Alfian Nur

Publish : Ice

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password