Ditlantas Polda Bali Gelar Rakor Kesiapan Ops Zebra Agung-2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kepolisian Daerah Bali khususnya Direktorat Lalu Lintas akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Ops Zebra Agung-2017” diawal bulan November mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan jajaran Ditlantas Polda Bali, agar dinamika operasi dapat berjalan dengan aman dan lancar. Salah satunya adalah menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan instansi terkait.

Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. memimpin langsung pelaksanaan Rakor di Ruang Rapat Ditlantas Polda Bali, Rabu (25/10/2017). Rakor juga dihadiri Kepala Jasa Raharja Cabang Bali Sulistianingtias, Kepala Organda Provinsi Bali Ketut Eddy Dharma Putra, Kasi MRLL Dishub Provinsi Bali I Nyoman Wiratama, S.T., MAP., Pejabat Utama Ditlantas, Kasat Lantas Polres se-Bali dan Para Kasatgas serta perwira yang terlibat dalam Ops Zebra Agung.

“Operasi digelar dalam rangka Harkamtibmas. Kegiatannya mengedepankan penegakkan hukum disertai kegiatan preemtif dan preventif secara selektif prioritas untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap, tertib dan lancar menjelang Natal dan Tahun Baru 2018,” kata Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Bali AKBP I Made Rustawan, S.H., M.H saat memaparkan rencana operasi.

Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya mengatakan, rapat koordinasi dilaksanakan untuk mengetahui gambaran situasi, kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi, personel yang dibutuhkan, cara bertindak, mekanisme koordinasi antar fungsi maupun antar instansi dalam pelaksanaan operasi.

“Mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tidak bisa dengan berdiam diri melainkan wajib bertindak. Melakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi Kamseltibcarlantas dengan memperdayakan seluruh stake holder supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan dengan tuntas,” ucap mantan Direktur Intelkam Polda Bali ini.

Karo Ops menambahkan, jajaran lalu lintas kewilayahan agar menindaklanjuti kebijakan Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose. Dimana polisi harus terjun kelapangan dan hadir ditengah-tengah masyarakat, sehingga menimbulkan citra positif dan Polri bisa dicintai dan lebih dipercaya.

“Prioritas target operasi ini adalah pelanggaran kasat mata yang berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal, seperti pelanggaran marka dan rambu, pelanggaran penggunaan helm yang tidak sesuai SNI dan sabuk keselamatan,” ujarnya.

Sementara Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. meminta kepada para Kasat Lantas untuk memetakan daerah rawan untuk dipersiapkan sebagai target operasi. Pelaksanaan Operasi Zebra Agung agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan kemacetan lalu lintas.

“Kasat Lantas jangan hanya menghabiskan tilang saja. Buat kontribusi bagaimana menyelesaikan kemacetan yang ada di wilayahnya masing-masing, seperti pembersihan badan jalan yang digunakan parkir, jualan dan lain lain,” tegas mantan Kabid Humas Polda Bali ini.

Dirlantas Polda Bali berharap melalui pelaksanaan operasi ini, akan dapat merubah situasi lalu lintas menjadi aman, tertib dan lancar serta menurunnya lokasi rawan pelanggaran, kemacetan lalu lintas, kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas korban jiwa dan luka berat.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password