Pelatihan Cyber Troops, Wakapolda Sulbar Harapkan Peserta Mampu Menyaring Berita Hoax

tribratanews.polri.go.id – polda sulbar, Maraknya penyebaran informasi berita bohong atau yang tren disebut hoax tak bisa dipandang sebelah mata. Fakta dilapangan berita hoax yang beredar medsos sangat berpotensi mengancam stabilitas keamanan di suatu daerah.  Menyikapi hal tersebut, Bidang Hubungan Masyarakat (Bid Humas) Polda Sulbar dibawah kepemimpinan AKBP Hj. Mashura M, SH, Pihaknya menggelar pelatihan Cyber Troops dan Wibsite di Aula Mapolda, Jl. Ahmad Kirang Mamuju, Rabu (25/10/17).

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakapolda Sulbar Kombes Pol DR. Endi Sutendi, SIK, SH, MH, didampingi Irwasda Kombes Pol Iputu Mahasena, SH dan Direktur Telkom Indonesia Timur dan dihadiri oleh para pejabat utama dan seluruh peserta dari perwakilan masing-masing Polres dan Satker.

Wakapolda Sulbar dalam sambutannya menyebutkan bahwa dengan dilaksanakannya pelatihan ini, seluruh peserta dapat menyaring adanya peredaran isu negatif menjadi hal yang positif. Membantu proses penyebaran yang positif dalam upaya-upaya yang dilakukan Polri. Serta melakukan counter issue dan klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak benar.

Selain itu, kedepan Tim Cyber Troops akan selalu memantau setiap perkembangan informasi terhadap berita hoax dan pemberitaan palsu serta dapat mencegah maupun proteksi sebuah jaringan online pada rumah atau perkantoran dengan memonitor aktifitas online masing-masing.

Disamping itu, Tim Cyber Troops juga dapat memblokir situs-situs yang berbau kekerasan, Narkoba, Porno dan sebagainya. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga merupakan upaya penguatan media di dalam tubuh Polri. Sebagai aparat penegak hukum, polisi harus lebih dulu diberi bekal untuk meningkatkan kinerja jajaran humas.

Diakhir sambutannya, Wakapolda mengharapkan keseriusan para peserta untuk mengikuti pelajaran, agar nantinya dapat mengaplikasikan ilmunya di kewilayahan. Tutup Kapolda

 

Usai Sambutan Wakapolda, kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Plakat dari Kapolda Sulbar kepada Direktur Telkom Indonesia Timur sebagai awal kerjasama yang baik

Sementara itu, Kabid Humas Menjelaskan Pelatihan cyber troops dan Website yang diagendakan akan berlangsung selama 3 hari mulai tangga 25 hingga hari Jumat (27/10/17). Dengan tahap hari pertama khusus pelatihan Website, hari kedua pelatihan Cyber Troops dan terakhir Praktek sekaligus penyerahan Web dari Kabid TI ke Kabid Humas.

“Nantinya tujuan pelatihan ini melakukan pengawasan media sosial yang melakukan counter issue,” ucap Kabid humas (dhyman)

Penulis : dhyman

Editor : alfian

Publish : triyono abidin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password