Panggung Prajurit TNI – Polri, Panglima TNI Gatot Nurmantyo Apresiasi Soliditas yang Terjalin di Sulsel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kepolisian RI dan TNI menggelar panggung prajurit di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (25/10). Tema yang diusung adalah Commanders Call TNI-Polri dan masyarakat dalam rangka menjaga kedaulatan dan kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. Dicky Sondani mengatakan sebanyak 5.000 personel Polri dan TNI turut meramaikan panggung prajurit. Kegiatan ini dimaksudkan mempererat sinergitas menjelang Pilkada serentak 2018.

Seperti yang diketahui sebanyak 11 Kabupaten dan Kota di Sulsel akan ikut bertarung dalam pilkada yakni ; Bantaeng, Jeneponto, Sinjai, Bone, Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu serta Kota Makassar dan Parepare, belum termasuk Pilgub yang juga akan melaksanakan pemilihan serentak pada 2018.

Pesta demokrasi tersebut tentu akan menyita waktu dan tenaga, untuk itulah demi menjaga sinergitas dan kekompakan Polri dan TNI di Sulsel diadakanlah panggung prajurit di Lapangan Karebosi.

Kapolda Sulsel Irjen Pol. Muktiono yang turut hadir pada perayaan panggung prajurit ini mengatakan bahwa kegiatan ini untuk melepaskan penat dari aktivitas kesibukan sehari-hari, “Hari ini kita lepaskan penat kita, setelah kesibukan pekerjaan sehari-hari,” ucap Kapolda.

Jenderal bintang dua ini juga bangga dengan kekompakan yang diperlihatkan TNI-Polri dalam menjaga keutuhan kedaulatan NKRI, “Garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI adalah Polri dan TNI, buang jauh-jauh pengaruh yang tidak benar yang bisa memecahkan kita,” pungkasnya.

Lebih lanjut Kapolda Sulsel mengajak seluruh prajurit TNI-Polri untuk menyatukan langkah dan hati dalam menjaga situasi kamtibmas di Sulawesi Selatan.

“Saya atas nama Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih atas dukungan Kodam XIV Hasanuddin berserta jajarannya hingga membuat situasi kamtibmas sampai saat ini aman dan kondusif,” tutur Kapolda Muktiono.

Sambil menanti kedatangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, panggung prajurit dihibur oleh penampilan stand up comedy dari prajurit TNI yang dibawakan Sertu Munawir yang merupakan jebolan dari stand up comedy 3 dan Brigpol Fahri dari prajurit Bhayangkara Polri jebolan stand up comedy 2.

Kemeriahan panggung prajurit berlanjut, kali ini bertambah seru dengan hiburan dua artis Indonesia yakni Duo Serigala dan Cita Citata, serta hadiah doorprize bakal bertabur seperti pemberian sepeda motor dan lainnya.

Datang menggunakan Helikopter Super Puma dari Galaktika Lanud Hasanuddin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akhirnya tiba di Lapangan Karebosi Makassar bersama rombongan didampingi Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin dan Gubernur Sulsel.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang turut hadir pada perayaan panggung prajurit mengungkapkan yang bikin Sulsel maju hingga mencapai angka 7,6 persen pertumbuhan ekonomi yang merupakan tertinggi di Indonesia tidak lain karena soliditasTNI-Polri dalam mengamankan wilayah Sulsel.

“Ini harus menjadi pedoman diseluruh Indonesia dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayahnya, TNI-Polri bisa kuat karena ibu kandung keduanya adalah rakyat,” ucap Panglima.

Tonggak NKRI, kata Panglima, ditentukan dua institusi yaitu TNI dan Polri, dua tonggak ini harus bersatu, itulah mengapa orang atau kelompok yang ingin memecah bela negeri ini akan memecah bela TNI dan Polri.

Maka dari itu TNI-Polri harus solid, jangan mudah termakan isu-isu yang belum pasti, Panglima memberikan contoh mengenai ucapan Kapolda Riau yang dipelintir sekelompok orang yang ingin membenturkan dua institusi ini mengatakan bahwa negara ini tidak butuh TNI adalah tidak benar (Hoax).

Lebih lanjut Panglima Gatot mengharapkan Polri menjadi institusi yang solid, disiplin, hebat dan profesional adalah dambaan TNI. “Karena kalau Polisi kuat maka bisa menjaga keamanan negara ini,” pungkasnya.

Terakhir Panglima Gatot menyampaikan salam dari Kapolri yang tidak sempat hadir karena sedang menghadiri rapat dengan anggota DPR. Selanjutnya Panglima TNI Gatot bersama rombongan bertolak ke Kabupaten Enrekang untuk peresmian Baruga Pa’ Letnan Kabere.

PicsArt_10-25-12.31.29

Penulis : Marwan.
Editor   : Alfian
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password