Wakapolda Bali Terima Kunjungan Ketua DPD INLA Provinsi Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali , The International Nature Loving Association Indonesia (INLA) akan menyelenggarakan kegiatan “Festival Seni Budaya Kasih Alam Semesta” di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre-Bali. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 2017 mendatang. Untuk itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) INLA Provinsi Bali Hery Sudiarto bersama staf kunjungi Polda Bali.

Kedatangan Hery Sudiarto diterima Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. yang pada kesempatan tersebut didampingi Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya, Dir Intelkam Polda Bali Kombes Pol. Akhmad Jamal Yuliarto, S.I.K., M.Si., Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si. dan Wadir Pamobvit Polda Bali AKBP I Putu Tustha Mahayana, S.S.T., M.K., bertempat di Ruang Tamu Wakapolda Bali, Selasa (24/10/2017).

Dalam pertemuan, Hery Sudiarto mengucapkan terima kasih atas penerimaannya di Polda Bali. Selanjutnya menyampaikan perkenalan singkat tentang INLA. Dimana, INLA sudah ada di 16 negara, kemudian di Indonesia sendiri sudah ada di 17 provinsi, 16 kota dan kabupaten. Sedangkan untuk Bali, mulai dari tahun lalu sudah terdaftar secara resmi di Menkumham yaitu perkumpulan INLA Indonesia.

Ketua DPD INLA Provinsi Bali ini juga menerangkan bahwa INLA merupakan perkumpulan nirlaba, nonprovit. Jadi kita menggerakan sukarelawan, yang lebih banyak bergerak pada bidang seni budaya dan pendidikan. Jadi mendidik kader-kader anak-anak mulai dari SD, SMP dan SMA dengan tema kasih alam seperti melindungi alam dan menjaga keharmonisan.

WhatsApp Image 2017-10-25 at 10.02.45Lebih lanjut, Hery Sudiarto mengatakan bahwa kegiatan ini perdana di Bali. Acara ini akan diikuti oleh para peserta dari beberapa Kabupaten yang ada di Bali dan beberapa peserta dari luar pulau Bali seperti, penari dari pasuruan 60 orang dan dari jawa timur 60 orang juga akan hadir dalam memeriahkan acara ini.

“Kita harapkan, dengan dilaksanakannya festival perdana ini, tahun depan atau beberapa tahun kedepan kita mungkin bisa jadi tuan rumah untuk festival internasional. Itu bisa menarik wisatawan juga. Jadi, lewat seni budaya kita mengajarkan atau mengajak persatuan,” ucap Hery Sudiarto.

Menanggapi hal tersebut, Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. menyampaikan bahwa Polda Bali akan mendukung penuh acara ini. Namun supaya acara ini berjalan lancar, pihaknya meminta untuk melengkapi administrasi seperti surat ijin keramaian dan permohonan ijin pengamanan. “Semua akan kita amankan, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan berhasil,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Hery Sudiarto juga mengungkapkan bahwa dalam kegiatan yang akan dilaksanakan nanti, pihaknya ingin mengundang guru-guru dan kepala sekolah di Denpasar dan Badung yang ditargetkan sekitar 200 orang. Hal ini dilakukan untuk memperlancar program tahun depan yaitu Goes to school.

“Jadi, Goes to school ini INLA membawa, mengajar dan mendidik anak-anak agar cinta damai, bershabat dengan sesama murid dan hormat dengan orang tua. Jadi, etika-etika dasar tapi kita tampilkan dengan lugas melalui senam,” imbuh Ketua DPD INLA Provinsi Bali.

Sementara, menurut Wakapolda Bali kegiatan INLA ini kalau di Bali itu sama dengan Tri Hita Karana, yaitu harmonisasi hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan tuhan. Memang anak-anak sekarang ini tradisi menghormati orang tua dan tradisi menghormati guru memang sudah sangat berkurang. Jadi, dengan program Goes to school ini sangat bagus sekali untuk anak-anak kita. Karena anak-anak perlu mendapatkan pendidikan etika.

“Dengan adanya program ini, mudah-mudahan tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Selanjutnya kita memerlukan untuk pendidikan generasi muda. Apalagi dilaksanakan dengan senam-senam dengan gaya yang bagus kan mudah dimengerti,” harap Wakapolda Bali.

Penulis : Komang Arya

Editor   : Swanjaya

Publish : Ngakan Candra

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password