Wakapolres Maros: Kontra Radikalisme di Maros, dengan Jumat Barokah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Setelah Kabupaten Pangkep, Jajaran Polres Maros juga menggelar FGD (Focus Group Discussion) bertema penanggulangan paham radikalisme di wilayah Maros, Selasa, (24/10/17) di ruang Pola Kantor Bupati Maros.

Kegiatan FGD ini juga diliput oleh 14 wartawan nasional yang berkunjung di Sulsel, dan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, alim ulama, kalangan pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Maros. Sementara pemberi materi dalam FGD ini yaitu, Wakapolres Maros Kompol H. Najamuddin, Kepala Badan Kesbang Pol Kabuapten Maros Ir.Andi Dainuri, Ketua MUI Kabupaten Maros KH. Drs. Syamsu Halik, Unsur Muspida Tingkat II, dan Ketua Pencegahan Terorisme Densus 88.

Kepala Kesbang Pol Kabupaten Maros menjelaskan bahwa di Kabupaten Maros sudah berdiri berbagai forum yang tujuannya bersifat kontra radikal, antara lain FKUB (Forum kerukunan umat beragama), Forum Intelejen daerah, forum deteksi dini dan forum pembauran.

Sementara itu, Wakapolres Maros, Kompol Najamuddin, menerangkan kiat-kiat Polres Maros dalam kontra radikalisme, antara lain dengan rutin menggelar Jumat Barokah, yaitu personel Polres Maros mengisi kegiatan Shalat Jumat, mengefektifkan Pos Kamling, berpatroli hingga ke pelosok daerah, Polres Maros juga melibatkan Polwan untuk mengajar mengaji, selain itu, aktif dalam berbagai kegiatan yang melibatkan tokoh agama, dalam menangkal radikalisme di Maros.

Senada dengan Wakapolres Maros, Ketua MUI Kabupaten Maros KH.Syamsu Halilk, menjelaskan MUI rutin memberikan ceramah kontra radikalisme di pelosok desa, dan kerap menggandeng aparat kepolisian.

“Kami ketap menggandeng polisi, karena polisi sebagai pembina FKUB,” jelas Syamsul.

Kegiatan FGD ini, mengambil tema, Dengan melalui FGD kita tingkatkan peran serta masyarakat dalam membina Kamtibmas dengan melakukan penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti pancasila.

Penulis : Taufiq
Editor   : Alfian
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password