Polisi Ajak Masyarakat Buka Lahan Tanpa Dibakar

Tribratanews.Polri.go.id-Polda Kalbar-Polres Sintang, Langkah preemtif secara rutin dilaksanakan oleh anggota Polsek Sungai Tebelian kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan. Selasa(24/11/2017).

Kapolsek Sungai Tebelian Iptu Siko Sesaria Putra Suma,S.IK,M.AP melalui Kanit Binmas Aiptu Sartono menyampaikan bahwa wilayah Sungai Tebelian memiliki areal hutan yang luas yang mana sebagian besar dijadikan lahan perkebunan oleh petani maupun perusahaan.

“Sebagian besar wilayah sungai tebelian memiliki hutan yang luas dan sebagian besar dijadikan lahan perkebunan”, jelas Aiptu Sartono.

Ditambahkan oleh Aiptu Sartono, masyarakat Sungai Tebelian yang sebagian besar berpenghasilan sebagai petani masih menerapkan pola berladang dalam menanam padi dan masih ada yang membuka lahan dengan cara dibakar dengan alasan lebih praktis serta dapat membuat lahan yang akan digunakan untuk berladang lebih subur,” Sebagian besar masyarakat kita adalah petani dan masih ada yang membuka lahan dengan cara dibakar”, tambah Aiptu Sartono.

Berbekal Baner bertulisan larangan membakar hutan dan lahan anggota Polsek Sungai Tebelian memberikan sosialisasi kepada masyarakat setiap harinya.

Aiptu Sartono menuturkan upaya sosialisasi yang dilakukan oleh Polsek Sungai Tebelian setidaknya dapat memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian hutan dan dampak buruk akibat membakar hutan.

“Setidaknya kami telah berupaya menimbulkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan dan dampak buruk apabila membakar hutan”, tutur Aiptu Sartono.

Sementara itu karyadi masyarakat yang mendapat sosialisasi dari anggota Polsek Sungai Tebelian mengatakan dirinya menjadi lebih tahu dampak dari membakar hutan baik dampak secara sosial, ekonomi, dan dampak hukum yang akan timbul akibat membakar hutn dan lahan,” jadi lebih tahu resiko dan dampak membakar hutan dengan sosialisai yang diberikan anggota Polsek”, tutup Karyadi.

Penulis  : Zian
Editor     : Alfian Nurnas
Publish  : Bunga Asri Prameswari

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password