Alokasi Dana Desa dan Harapan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

WhatsApp Image 2017-10-24 at 11.01.38

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Menyikapi hasil MoU Kapolri bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Polres Trenggalek bergerak cepat mengumpulkan seluruh jajarannya guna menyampaikan pembekalan dan menyamakan persepsi cara tindak terkait dengan dana desa.

Mengambil tempat di Hall Hotel Bukit Jaas Permai Trenggalek, sedikitnya 157 Bhabinkamtibmas, Kapolsek jajaran dan Kanitbinmas hadir dalam acara bertajuk Pengarahan Kapolres Trenggalek Tentang Optimalisasi Tugas Bhabinkamtibmas dan Pendampingan Dana Desa, Selasa (24/10).

Dalam paparannya, Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si menyatakan bahwa sesuai hasil MoU, Bhabinkamtibmas merupakan pengawas tunggal dalam penggunaan dana desa. Hal tersebut merupakan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dan masyarakat kepada Bhabinkamtibmas. Oleh karenanya, kepercayaan tersebut harus dijawab dengan profesionalisme kerja.

“Bhabinkamtibmas harus memastikan bahwa dana desa betul-betul digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku” jelas  AKBP Donny.

Peran sebagai pengawas dana desa tersebut melekat pada setiap Bhabinkamtibmas dan bertanggungjawab kepada Kapolsek masing-masing. Dalam pelaksanaannya bisa berkoordinasi dengan unsur 3 pilar di tingkat desa.

AKBP Donny menambahkan, tujuan utama dari pengawasan tersebut adalah pembangunan desa yang tepat sasaran, tepat guna dan mencegah penyalahgunaan didukung dengan pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel.

Ia pun menekankan agar Bhabinkamtibmas jajarannya tidak main-main dengan dana desa. Apalagi terlibat secara aktif sebagai broker proyek pembangunan desa yang berakibat kontraproduktif dan terhambatnya tujuan pembangunan itu sendiri.

“Tugas utama Bhabinkamtibmas adalah mengawasi pelaksanaan dan melaporkan secara berjenjang. Jika ada yang bermain akan ditindak tegas” tegas AKBP Donny.

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum menuturkan, pihaknya selaku satuan pembina Bhabinkamtibmas menyatakan kesiapan jajarannya untuk mengawal dan mengawasi dana desa.

“Sangat siap. Pembekalan hari ini juga diberikan teknis dan metode pengawasan. Termasuk tahapan dan fokus pengawasan sehingga Bhabinkamtibmas tidak ragu-ragu dalam mengambil sikap” ucap AKP Suyono.

Pihaknya juga sudah memerintahkan kepada para Bhabinkamtibmas agar sesegera mungkin berkoordinasi dan mensosialisasikan kepada kepala desa dan masyarakat secara luas sehingga tercipta harmonisasi kerja yang baik dan kedepannya pembangunan desa bisa lebih optimal yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password