Polsek Dan Koramil Sepauk Laksanakan Patroli Kalhutla

WhatsApp Image 2017-10-24 at 12.08.57

Tribratanews.Polri.go.id-Polda Kalbar-Polres Sintang- Untuk mengurangi dampak yang disebabkan dari kebakaran hutan dan lahan Polsek dan Koramil laksanakan patroli bersama, Selasa (24/10/2017) .

“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk mengecek hutan yang telah di buka oleh masyarakat sebagai lahan pertanian. Untuk memastikan jangan sampai lahan yang sudah dibuka kemudian dibakar, hal ini untuk mengurangi dampak buruk dan bahaya yang di sebabkan pembukaan lahan pertanian oleh masyarakat dengan cara dibakar,” jelas Aiptu Darman.

Lebih lanjut, Aiptu Darman bersama personil gabungan Polsek dan Koramil Sepauk menyampaikan tujuan kedatangan didesa Manis Raya ini tidak lain ingin mengecek lahan dan memberikan himbauan kepada warga masyarakat tentang karhutla , hal ini untuk mengingatkan kembali masyarakat jangan membuka lahan pertanian dengan membakar karena hal ini dilarang oleh pemerintah dan ada sanksi pidananya . Sesuai dengan Undang-undang No.41 tahun 1999 tentang kehutanan pasal 50 ayat (3) huruf d , pasal 78 ayat (3) , pasal 78 ayat (4) .pelaku pembakaran hutan dan lahan adalah dengan mengenakan hukum pidana penjara dan denda semaksimal mungkin , untuk membuat jera dan menjadi pelajaran bagi yang melakukan perbuatan tersebut .

“Setelah dilakukan kegiatan pengecekan lahan dan memberikan himbauan karhutla alhamdulillah masyarakat didesa Manis Raya jadi lebih mengerti dan paham serta mereka berjanji tidak akan membuka lahan pertanian dengan cara membakar ” .

Kapolsek Sepauk Iptu Oscar Hardyan S.Sos pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa kegiatan pengecekan lahan dan himbauan ini akan rutin dilaksanakan dan akan dijadikan program Polsek bersama Koramil . Selain itu hal ini juga merupakan cara kita untuk mengingatkan kembali bahaya dan dampak buruk yang diakibatkan karhutla,” tutur Iptu Oscar Hardyan S.Sos.

Kesempatan yang sama Kepala Desa Manis Raya Sdr. Sukarca mengucapkan terima kasih kepada Polsek dan Koramil yang telah mengecek lahan dan memberikan himbauan kepada masyarakat masalah karhutla dan kedepan berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan .

Penulis : Hartono
Editor : Alfian.N/Nanang.P
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password