Wakapolda Cek Langsung Personel Pengamanan Perbatasan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa 24/10, pukul 08.00 wita berangkat dari Polda Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Drs Eko Sukriyanto bersama rombongan menuju wilayah Perbatasan Gorontalo dengan Bolmong Selatan Propinsi Sulawesi Utara tepatnya di Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango.

Adapun rombongan yang mendapingi Wakapolda antara lain Dir Intelkam, Dir Sabhara, Kasat Brimob, Kabid Humas dan Kabag Bin Opsnal Ro Ops. Kegiatan tersebut selain merupakan waskat atasan kepada satuan dibawahnya juga sebagai bentuk kepedulian dari Wakapolda untuk mengetahui kondisi personel yang melaksanakan pengamanan di perbatasan.

6

Adanya penugasan personel di perbatasan adalah dalam rangka pelaksanaan operasi kontijensi Aman Nusa III yang dilaksanakan sejak tanggal 16 Oktober hingga 29 Oktotober mendatang. Adapun Operasi tersebut dilaksanakan sebagai upaya antisipasi masuknya teroris di Gorontalo dimana kita ketahui bahwa secara geografis letak propinsi Gorontalo berbatasan dengan Sulawesi Tengah yang mana masih berkeliaran kelompok Teroris Santoso yang berkeliaran di wilayah Poso, selain itu juga berbatasan dengan Sulawesi Utara yang juga berbatasan langsung dengan negara Philipina dimana terjadi serangan terhadap kelompok ISIS di negara tersebut yang berpotensi melarikan diri ke wilayah Gorontalo melalui perbatasan-perbatasan.

3

Setiba di Perbatasan, Wakapolda disambut langsung oleh Kapolres Bone Bolango Akbp Robin Lumban Raja SIK,Msi untuk kemudian didampingi menuju perbatasan dan mengecek Pos Pengamanan yang ditempatkan di kantor BKPM Taludaa, Kecamatan Bone.

Saat diwawancari tim Bid Humas, Wakapolda menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan pengecekan yang dilaksanakan bersama rombongan.

index

“Maksud kegiatan ini, adalah untuk mengecek secara langsung pelaksanaan tugas personel yang sedang melaksanakan operasi kontijensi Aman Nusa III 2017 diperbatasan Sulawesi Utara sekaligus memberikan motivasi dan semangat  kepada personel yang telah rela meninggalkan keluarga demi jalankan tugas negara.Selain itu waktu pelaksanaan operasi tinggal beberapa lagi, jangan sampai hal ini menurunkan semangat personel sehingga menjadi lengah maka itu kita lakukan cek di lapangan.Keberadaan anggota di perbatasan sejauh ini sangat efektif dimana dari hasil pemeriksaan terhadap kendaraan yang masuk banyak ditemukan beberapa pelanggaran antara lain, sajam, minuman keras, dan beberapa pelanggaran lainnya, artinya selain untuk menanggulangi teroris, operasi ini juga untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas”, urai Kombes Eko.

2

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIk terkait kegiatan ini menjelaskan bahwa pemberian motivasi untuk menaikkan semangat moril bagi anggota  yang sedang bertugas di lapangan sangatlah penting, hal ini pula yang telah dilaksanakan oleh Bapak Wakapolda Gorontalo dengan melakukan pengecekan langsung di perbatasan.

“Motivasi dan menaikkan moril anggota sangat penting dalam setiap penugasan, dengan kehadiran pimpinan Polda dalam hal ini Bapak Wakapolda tentunya akan menjadi semangat tersendiri bagi anggota yang sedang bertugas di lapangan, apalagi tadi pak Wakapolda telah memberikan beberapa bingkisan, tentu ini bentuk kepedulian yang luar biasa dari pimpinan kepada anggota”, kata Wahyu.

5

Selesai melaksanakan pengecekan, Wakapolda menyempatkan diri singgah di Makopolsek Bone, guna ramah tamah bersama personel Polsek Bone bersama rombongan. Dan Pukul 11.30 Wita Wakapolda bersama rombongan kembali menuju Mapolda.

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password