Kapolres Banggai Gelar Konferensi Pers Penangkapan Pelaku Pengedar Upal

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Banggai – Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno SIK menggelar konferensi pers penangkapan pelaku pengedar uang palsu (upal) di Aula Wira Cakra Manggala Mapolres Banggai, Jumat (20/10/2017).

Didampingi Kasat Reskrim AKP Rizky Pratama SIK, Kapolres mengungkapkan, pelaku yang ditangkap dua pekan lalu itu berinisial TY (25) asal Kecamatan Simpang Raya.

Penangkapan itu dilakukan, kata Kapolres, setelah salah seorang warga melapor ke Mapolres Banggai. Saat itu pelaku membeli rokok di salah satu kios di Bukit Mambual, Kecamatan Luwuk Selatan. Upal yang diberikan pecahan Rp 50 ribu.

“Pemilik kios curiga dengan bentuk uang karena berbeda. Iapun mengikuti petunjuk 3B (dilihat, diraba, diterawang), bahwa uang itu palsu,” ungkap AKBP Heru Pramukarno SIK.

Saat ditangkap, lanjut AKBP Heru Pramukarno, di tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa 2 lembar upal pecahan Rp 100 ribu, 5 lembar pecahan Rp 50 ribu, 4 lembar pecahan Rp 20 ribu,  Rp 5 ribu sebanyak 4 lembar, 4 bungkus rokok, dan dua buah Hp milik pelaku.

“Dari hasil penyidikan, tersangka mengaku diperoleh dari Riau,” papar Kapolres.

Dikatakan, tersangka mendapatkan upal tersebut dengan cara berkomunikasi dengan salah satu akun facebook yang mengaku dari Riau. Dari chat tersebut, pelaku harus mengirim uang asli sebanyak Rp 200 ribu dan menerima upal sebanyak Rp 600 ribu.

“Upal dikirim melalui jasa pengiriman,” beber Kapolres.

Diketahui, tersangka beraksi dengan cara berpura-pura membeli sebungkus rokok di beberapa kios di kota Luwuk. Kadang upal diberikan dengan pecahan Rp 50 hingga 100 ribu. Nanti kembaliannya adalah uang asli.

Kapolres menambahkan, akan terus mengembangkan kasus ini dengan berkoordinasi dengan Polda Sulteng untuk melacak akun facebook yang berkomunikasi dengan tersangka,” pungkas perwira dua melati itu.

Penulis      : Tim
Editor        : Alfian Nurnas
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password