Counter Paham Radikalisme, Polrestabes Makassar Gelar Diskusi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Polrestabes Makassar gelar Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka counter terhadap paham radikalisme/terorisme di Aula Mappaoddang, Polrestabes Makassar, Senin (23/10/17).

Acara diskusi tersebut diikuti oleh berbagai elemen dan organisasi masyarakat di Makassar, seperti FPI, Forum Umat Islam (FUI), para ketua RW, Sekolah-sekolah, dan para pemuka agama.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Anwar Effendi dan Dandim 1408/BS Kolonel Kav. Otto Salu bertindak sebagai narasumber, sedangkan jalannya diskusi dipandu oleh Bapak Wahyuddin dari TVRI.

Dalam paparannya, Kapolrestabes menegaskan Makassar saat dijadikan atensi penanganan kontra radikalisme, olenya itu, Kapolrestabes Makassar menyabut tiga pilar utama yang harus berperan penting dalam tangkal radikalime dan kemudian menggandeng tokoh masyarakart, dan tokoh agama.

“yang perlu diperhatikan juga yaitu perhelatan pilkada 2018, harus dikawal dengan baik, agar tidak rentan tersusupi paham radikal,” kata Kapolrestabes Makassar.

Lebih lanjut mantan Kapolres Majene itu menegaskan bahwa cara memelihara diri dari paham radikal yaitu melakukan perkuatan terhadap nilai pancasila, dan juga memperkuat islam moderat (NU, Mugammadiayah) untuk counter radikalisme.

Sementara itu, Dandim 1408/BS Makassar Kolonel Kav. Otto Salu menyampaikan bahwa TNI dalam menangkal Tetoris menggelar operasi teritorial, dengan membuka dialog pendekatan kepada masyarakat, untuk menanggulangi ancaman terorisme dan radikalisme, TNI menerapkan ops teritorial mengesampingkan ops terbuka ysng lebih represif.

“Sudah ada MoU dengan Kodam XIV Hasanuddin dan BNPT, juga sinergi yang harus dilakukan tangkal Terorisme,” kata Otto.

Salah satu peserta, Muchtar dg. Lau menyatakan, kunci menangkal radkalisme yaitu menjalin komunikasi bisa menurunkan paham radikal.

Dari keuskupan agung, juga menghimbau agar tokoh agama sampaikan kesejukan, agar ummatnya tidak terprovokasi, selain itu tokoh agama mesti jadi panutan.

Jalannya FGD counter terhadap paham radikalisme di Makassar ini juga diliput oleh para wartawan ibukota, yang sengaja berkunjung ke Sulsel dalam rangka peliputan upaya penangkalan radikalisme di Sulsel.

IMG-20171023-WA0036

Penulis : Sumarwan
Editor   : Alfian
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password