Latihan Persiapan Pilkada, Danton Dalmas Polres Sekadau Tingkatkan Kemampuan Anggotanya

Tribratanewspolri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sekadau – Dalmas adalah pasukan Polri yang dipersiapkan dan dilatih secara khusus untuk menangani gangguan kamtibmas dan kejahatan yang bersifat massal. Untuk menghindari adanya penyimpangan dan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tugas mengendalikan massa, pasukan Dalmas dilatih secara khusus tentang pengetahuan bagaimana cara mengendalikan massa, melokalisir, mengevakuasi dan membubarkan massa dengan aman dan tertib tanpa menimbulkan korban.

Tak terkecuali bagi pasukan Dalmas Polres Sekadau. Pagi tadi, Danton Dalmas Bripka Ade Rianura memimpin latihan Dalmas awal yang dilaksanakan di halaman Mapolres. Senin (23/10/2017) pukul 08.00 Wib.

Bripka Ade Rianura mengatakan bahwa latihan ini rutin dilaksanakan satu minggu sekali untuk melatih kembali kemampuan anggota Dalmas Polres Sekadau khususnya Bintara remaja.

“Terlebih lagi sebagai persiapan untuk menghadapi dan mengantisipasi kejadian massal pada Pilkada serentak tahun 2019 yang saat ini sudah berjalan tahapannya,” ujar Bripka Ade.

Latihan yang dilaksanakan hari ini adalah Dalmas awal yang terdiri dari sikap siaga masing-masing anggota seperti sikap siaga, sikap pokok, tangan berkait, kuda-kuda segitiga dan lain sebagainya.

Selain itu Bripka Ade Rianura juga memberikan peragaan langsung kepada anggotanya bagaimana antisipasi dan cara menghadapi massa.

Kapolres Sekadau melalui Kasat Sabhara AKP Feby Rando, S.Ik mengatakan bahwa latihan ini berguna sebagai gambaran kepada seluruh anggota Dalmas Polres Sekadau agar mengetahui gerakan dasar, formasi dan pola tindak yang seragam dalam menghadapi massa.

“Dengan latihan rutin, setiap anggota Polri khususnya pasukan Dalmas dapat secara profesional dan mahir dalam melaksanakan tugas dan mengetahui Teknik serta Taktik maupun prosedur tindakan dalam pengendalian massa di lapangan,” terang Kasat Sabhara.

Penulis : Aji
Editor : Alfian. N / Nanang. P
Publish : Bunga Asri Prameswari

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password