Polres Barabai dan Pengadilan Negeri Barabai Terapkan Layanan Surat Penggeledahan-Penyitaan Secara Online

polres-dan-pn-barabai-bikin-terobosan-surat-penggeledahan-penyitaan-online

Tribratanews.polri.go.id- Mewujudkan Polri yang profesional, moderen dan terpercaya (promoter) terus dilakukan tiap jajaran Polri di semua lini, tak terkecuali yang dilakukan oleh Polres Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan terobosan baru dengan menggandeng Pengadilan Negeri Barabai Kalsel. Dua instansi penegakan hukum ini membuat kesepakatan terkait pengajuan surat izin penggeledahan dan penyitaan yang bisa diakses melalui surat elektronik (email).

Kapolres HST AKBP Mugi Sekar Jaya mengaku, ide program tersebut muncul malah saat sedang santai di kedai kopi. Awalnya hanya berbincang-bincang saja, ternyata gayung bersambut dan Kepala PN menyetujui dengan ide ini.

“Terobosan ini jelas membantu dan mempermudah kami dalam proses penyelidikan. Pasalnya berkas penggeledahan dan penyitaan memang diperlukan cepat,” ujarnya.

Kapolres HST optimis dengan adanya program kerjasama dengan PN Barabai ini, pelayanan kepada masyarakat semakin cepat proses penyelidikannya. Sehingga pihak Kepolisian dengan cepat pula bergerak ke lapangan, dalam menuntaskan permasalah hukum

Hal senada dilkatakan Kepala Pengadilan Negeri Barabai Riyono mengakui hal ini merupakan terobosan besar bersama dengan Kepolisian. Menurutnya program ini bisa memangkas waktu birokrasi dalam mengeluarkan surat penggeledahan dan surat penyitaan.

“Jika manual seperti sebelumnya, bisa memakan waktu sampai dua hari. Tapi dengan sistem email ini paling lama dua jam setelah pengajuan, penyidik Kepolisian bisa mengambilnya,” terangnya,  Rabu (18/10).

Riyono menambahkan, hal ini juga jelas akan memudahkan dan membantu penyidik dalam pemberkasan.
“Ini program pertama kali di Kalimantan Selatan, idenya dari saya bersama dengan Kapolres HST. Program ini memang murni ide PN Barabai dan Polres HST, bukan meng-copy dari program lainnya. Intinya ingin mempermudah proses birokrasi di era teknologi saat ini,” tegasnya.

penulis   : Yudha

editor     : Alfian

publish  : Hamsan

 

Admin Polri48270 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password