Melalui Peran Bhabinkamtibmas, Polres Barito Kuala Siap Antisipasi Penyelewengan Dana Desa

Tribratanews.polri.go.id, Polres Barito Kuala – Bhabinkamtibmas Polres Barito Kuala bakal mengawal pengunaan Dana Desa (DD). Pengawalan tersebut merupakan salah satu program Kapolres Barito Kuala, AKBP Syahril Saharda S.I.K. M.Si untuk mempersempit potensi Korupsi di Kabupaten Barito Kuala.

Melalui Sat Binmas, Polres Batola  menggelar pertemuan dengan para Kabag, Kasat, Kapolsek dan  Bhabinkamtibmas jajaran polres Batola di Aula Jananuraga, Sabtu (21/10/17).

AKBP Syahril Saharda S.I.K. M.Si memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk berupaya mengawal dan mengamankan penggunaan dana desa dan selalu membuka diri terhadap kepala desa yang butuh pendampingan.

Bhabinkamtibmas juga diminta untuk mengIngatkan para Kades di desa binaanya masing-masing agar jangan sampai terjadi masalah baru. Lebih penting lagi, penggunaan dana desa harus sesuai peruntukan dan jangan sampai digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Saya ingatkan penggunaan dana desa jangan sampai untuk kepentingan pribadi. Para Bhabin tidak akan mencari-cari kesalahan, tapi jika menemukan kesalahan tentunya akan dilakukan proses sesuai ketentuan,” paparnya.

Kasat Reskrim AKP Sakun SH MH menjelaskan, pengawalan dilakukan agar dalam penggunaan dana desa oleh aparatur desa tidak ada keragu-raguan lagi, jika terjadi penyimpangan atau penyelewengan para Bhabin agar bisa melaporkan ke pimpinan secara berjenjang.

Sementara itu, Kasat Binmas AKP Volvy Apriana S.Pd MA menambahkan, dengan pendampingan ini diharapkan petugas Bhabin bisa membuat Kades agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan penggunaan dana desa, sehingga dana yang ada dapat terserap maksimal, dan pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Dan tidak kalah penting, dengan berjalannya kegiatan di desa akan memberikan peningkatan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Terpisah, salah seorang Kades menyatakan sangat menyambut gembira atas keberadaan Bhabinkamtibmas. Ini agar kegiatan yang mereka laksanakan memperoleh pengawalan yang benar serta terhindar dari kesalahan dan pelanggaran yang berdampak terhadap hukum.

“Kami berharap dengan adanya pengawalan ini akan memperlancar kegiatan yang kami laksanakan, sehingga alokasi dana yang tersedia dapat tersalurkan secara maksimal,” katanya.

Penulis : Hary

Editor : Alfian

Publish : Sayyid M.R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password