Bawaslu Tetap Optimalkan Peran Gakkumdu

gakumdu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan menyatakan bahwa peran Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) sebagai wadah koordinasi antara tiga lembaga pemerintah yakni Bawaslu, Polri dan Kejaksaan Agung masih sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan umum.

Menurut Abhan, jajaran Bawaslu dan Panwaslu lebih mengoptimalkan peran Gakkumdu guna mempermudah proses penyelidikan terkait kasus pelanggaran pemilu yang ditemukan di lapangan.

Untuk itu Abhan meminta, segenap Bawaslu di tingkat Provinsi maupun Panwascam Kabupaten/Kota dapat memfasilitasi Gakkumdu untuk penyelesaian sengketa, pelanggaran hukum yang terjadi pada saat pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu.

“Gakkumdu harus difasilitasi tak hanya ruang kerja tetapi fasilitasi penyelesaian sengketa terutama tindak pidana pemilu”, ungkap Abhan
Dikatakan Abhan, tingkat partisipasi masyarakat dalam memainkan peran sebagai pengawas langsung jalannya kegiatan demokrasi di Indonesia masih sangat rendah. Sehingga masih banyak masyarakat enggan melaporkan pelanggaran yang dilihatnya ke lembaga kepolisian.

Berangkat dari sana, Abhan mengungkapkan bahwa perlu adanya peningkatan kewenangan dari Gakkumdu guna mempermudah proses penyelidikan terkait kasus pelanggaran pemilu yang ditemukan di lapangan.

“Maka dalam konteks ini menurut saya sentra Penegakakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) ini masih dibutuhkan. Akan lebih efektif kalau di sentra Gakkumdu ini kewenangan penyidikan ada dalam komando pengawas pemilu,” ungkap Abhan.

Menurutnya, jika posisi Sentra Gakkumdu ditinggkatkan dan menjadi otoritas tunggal yang dapat melakukan penyelidikan hingga ke tingkat pengadilan, maka proses penyelidikan itu sendiri akan berjalan lebih efektif.

Sentra Gakkumdu sendiri merupakan hasil dari nota kesepakatan yang dibentuk oleh tiga elemen penegak hukum yakni Bawaslu, Polri dan Kejaksaan Agung yang berlandaskan pada UU No.8 tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

 

Penulis            : Wanto Batjan

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala Putra

 

 

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password