Pertama di Maluku Utara, Tradisi Ini Hantarkan Acara Pensiunan Perwira Polres Tidore

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kepolisian Resort (Polres) Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara pada Sabtu (21/10/17) pagi sekira pukul 09.00 Wit menggelar upacara Wisuda Purna Bhakti untuk AKP Aminudin Kelimangun yang telah memasuki masa pensiun sebagai anggota Polri.

Upacara yang digelar di halaman Polres Tidore tersebut dipimpin langsung Kapolres Tidore, AKBP Azhari Juanda, S.Ik dan dihadiri Wakapolres Tidore, dan seluruh jajaran baik itu para Kapolsek, para Kabag maupun Kasat di lingkup Polres Tidore Kepulauan, Ketua Bhayangkari Cabang Tidore Ibu Nani Azhari berserta Pengurus Bhayangkari Cabang Tidore serta anggota Polres Tidore.

Dalam sambutannya, Kapolres Tidore mengatakan wisuda purna bakti merupakan bagian dari warisan nilai leluhur yang menjadi tradisi Polri. Utamanya sebagai bentuk penghargaan serta penghormatan kepada para anggota Polri yang selama ini telah memberikan curahan pikiran, loyalitas serta darma bhakti terbaiknya bagi institusi Polri.

Untuk itu, kata Kapolres Tidore, selaku generasi penerus, sebuah kebanggaan tersendiri bagi pihaknya karena dapat merasakan serta menikmati buah karya dari wisudawan.

Untuk diketahui, pelaksanaan upacara wisuda purna bhakti dengan menggunakan tradisi Pedang Pora oleh Polres Tidore Kepulauan, merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Polres Tidore maupun Polda Maluku Utara.

“Terkait dengan kegiatan upacara purna Bhakti ini pertama dilaksanakan di Polres Tidore Kepulauan maupun Polda Maluku Utara. Bahkan kedepannya acara seperti ini akan dijadikan secara rutin setiap tahunnya kepada para anggota yang akan memasuki masa purna tugas,” kata Kapolres.

Sementara itu, dalam upacara wisuda Purna Bhakti tersebut, Kapolres Tidore menyerahkan Piagam Penghargaan dan Plakat sebagai wujud penghargaan kepada AKP (Purn) Aminudin Kalimangun. Selain itu, dilakukan pemberian tali asih dari Kapolres, Ketua Bhayangkari Cabang Tidore, serta perwakilan dari para Kabag, Kasat dan Kapolsek.

Seusai melaksanakan pemberian tali asih, upacara wisuda Purna Bhakti, kemudian ditutup dengan acara tradisi Pedang Pora untuk melepas purnawirawan kembali ke masyarakat, yakni dengan melewati barisan pedang pora.

Penulis            : Ulfa

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password