Kapolda Papua: HUT HKGB ke 65, Bhayangkari Harus Pertinggi Derajat Anggota Polri

Tribratanews.polri.go.id.- Polda Papua – Jayapura.- Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjenpol Drs. Boy Rafli Amar, MH., sabtu, 21 oktober 2017, menghadiri Hari ulang tahun (HUT) Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) yang ke 65 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Jayapura.

HUT bhayangkari yang ke 65 tersebut, dengan tema, Bhayangkari yang mandiri dan kreatif siap mendukung POLRI untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam kerangka negara kesatuan republik  Indonesia.

Kapolda Papua, Pada kesempatan tersebut membacakan pidato Kepala Kepolisian Republik Indonesia, “pada catatan sejarah, peringatan HKGB diselenggarakan untuk mengenang kembali pelaksanaan konferensi yang diselenggarakan di Jakarta pada tgl 17 sampai dengan 19 Oktober 1952, konferensi tersebut dihadiri oleh istri – istri polisi dari 27 perwakilan daerah dan menghasilkan beberapa keputusan penting Antara lain, Peleburan berbagai organisasi istri polisi menjadi satu organisasi yaitu Bhayangkari, Mengesahkan AD/ART Bhayangkari yang berasaskan Pancasila dan gotong royong, Menetapkan tujuan pokok organisasi Bhayangkari.

1233

Lanjutnya, Hasil dari konferensi tersebut setidaknya mencerminkan tiga (3) semangat yang terlihat yakni pertama, semangat kebangsaan berupa penegasan bahwa Bhayangkari setia kepada Pancasila dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam organisasi dan kehidupan sehari-hari, kedua semangat kelembagaan berupa penegasan bahwa kehadiran organisasi Bhayangkari adalah untuk mendukung keberhasilan tugas Polri. Ketiga semangat moral berupa penegasan bahwa kehadiran bhayangkari untuk memperkuat persaudaraan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga Polri secara gotong royong.

Nilai yang terkandung dalam ketiga semangat itu masih sangat relevan untuk terus diimplementasikan karena itu, tema yang diangkat pada peringatan ke 65 HKGB tahun 2017 ini adalah Bhayangkari yang mandiri dan kreatif mendukung Polri untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia. Ungkap kapolda papua dalam pidato kapolri yang dibacakannya.

Penulis : Vickhy Merani

Editor : Alfian Nur

Publish : Vickhy Merani

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password