Kapolres Mimika Siapkan Bhabinkamtibmas Untuk Awasi Dana Desa

Tribratanews.polri.go.id. Polres Mimika.  Bertempat di ruang Vicon telah berlangsung  Vicon Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Sandjojo yang di hadiri Mendagri Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Jumat,  20 / 10 / 2017 / Pagi.

Nota kesepahaman (MoU) tentang pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan dana desa ditandatangani ketiga instansi di Pusat Data dan Analisis (Puldasis) Mabes Polri. Kapolri Tito Karnavian mengatakan, pengawasan penting dilakukan dalam penyelenggaraan dana desa yang merupakan gagasan unggulan oleh Presiden Joko Widodo yang bermuara pada pemerataan pembangunan daerah di seluruh Indonesia.

Kegiatan Vicon ini di hadiri juga Waka Polres Mimika Kompol Arnolis Korowa, SH. MH bersama seluruh Perwira Polres Mimika dan Polsek Jajaran.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, SH, SIK, MH, MSi menyatakan siap menindak lanjuti kerjasama tersebut. Ia bahkan menyiapkan 62 personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk melaksanakan tugas pengawasan dana desa.

Polres Mimika tentu  siap menindaklanjuti supaya dana desa tepat sasaran, tepat guna. Polres dan Kodim ada pendampingan dan pengawasan, kata Victor saat dikonfirmasi di kantor Polres Mimika

Menurut KApolres Mimika, secara teknis jajaran kepolisian di seluruh Polsek akan mendampingi kepala kampung/desa dalam pelaksanaan program kegiatan terutama pembangunan fisik yang bersumber dari dana desa.

Cara dan metode yang di lakukan  tidak dalam bentuk OTT (operasi tangkap tangan) tetapi preventif (pencegahan) karena anggaran negara harus diselamatkan dan dipergunakan sesuai peruntukannnya. Polisi bukan tugasnya audit, tapi kami lakukan pengawasan fisik. Kegiatan pembangunan harus betul-betul dipastikan telah terealisasi sesuai perencanaan dan anggaran yang dialokasikan agar tidak diselewengkan. Spesifikasi kegiatan akan dikontrol langsung oleh Kepolisian.

Polres Mimika memiliki 62 personel Bhabinkamtibmas untuk mengawal penggunaan dana desa di seluruh kampung yang ada di wilayah Timika. Apabila ada kekurangan, akan dibantu dari Polres atau Polsek. Tidak di bebankan kepada Bhabinkamtibmas saja tetap Kasat Binmas juga sangat berperan untuk memantua jalan dana desa tersebut.

Adapun dana desa untuk 133 kampung yang ada di Kabupaten Mimika pada 2016 sebesar Rp85,9 miliar lebih dan pada 2017 meningkat menjadi Rp108,1 miliar.

  Penulis : Hempi

Editor : Alfian Nur

Publish : Frengky

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password