Upaya Membentuk Watak Dan Karakter Generasi Muda Lewat Gerakan Pramuka

Tribratanews.polri.go. id. Polres Mimika. Upaya pemolisian Masyarakat dengan dilantiknya Ka Distrik Mimika Baru selaku  Ketua Majelis Pembimbing Drs Ananias Faot. MSi dan Peltu Laut KH Jeanne Maro   selaku  Ketua Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Distrik Mimika Baru priode 2017 – 2020. Jumat, 20 / 10 / 2017 / Siang.

Bertempat di halaman Kantor Distrik Mimika Baru Jalan Cenderawasih Timika telah berlangsung pelantikan pengurus baru Kwartir Ranting untuk membentuk watak dan karakter generasi muda lewat Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama  organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di berbagai daerah yang ada Indonesia.  Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Pramuka, yang meliputi Pramuka Siaga yang usianya mulai dari 7 – 10 tahun, Pramuka Penggalang yang usianya mulai dari 11 – 15 tahun, Pramuka Penegak yang usianya mulai dari 16 – 20 tahun, dan yang terakhir adalah Pramuka Pandega yang usianya mulai dari 21 – 25 tahun. Untuk kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Pramuka Korps, Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbingan.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kapolsek Mimika Baru AKP Frits Joni Erari SE MM selaku Ka Kwarcab Kabupaten Mimika, Ka Distrik Miru Drs Ananias Faot Msi selaku Ketua Majelis Pembina Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Distrik Mimika Baru.  Lettu Laut Zainal Ka Satuan Karya Bahari.  Letda Dani Rumaketi Ka Satuan Karya Dirgantara, serta para undangan yang berjumlah sekitar 100 orang.  Sambutan Kapolsek Mimika Baru adalah ucapan selamat kepada Ketua Majelis Pembimbing dan Ketua Kwaran Distrik Mimika Baru semoga tunas kelapa mampu tumbuh di lingkungan sekolah yang berada di wilayah Distrik Mimika Baru.  Pramuka harus mampu merubah cara berpikir dan bertindak bagi generasi muda sehingga lewat pramuka mampu membantu Pemerintah Daerah dan Kepolisian dalam membangun dan menciptkan situasi keamanan yang senantiasa kondusif sihangga tercipta Timika yang aman dan Damai.

Lewat Pramuka kita harus membangkitkan Nilai Juang Kebangsaan Cinta akan Tanah Air kepada generasi muda yang ada di wilayah Distrik Mimika Baru, diisi dengan kegiatan – kegiatan positif yang dimiliki oleh kakak – kakak Pembina yang ada di satuan karya Bahari, Bhayangkara maupun satuan satuan karya lainnya sehinga mampu menjauhi bahaya dari penggunaan Narkoba, Miras dan cara berlalu lintas dengan baik. “ Ujar Erari.

Penulis : Andre Titaley

Editor : Alfian Nur

Publish : Frengky

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password