Sukses Lounching Aplikasi Peringatan Dini Online, Asops Kapolri dan Kapolda Bali Berikan Keterangan Pers

WhatsApp Image 2017-10-20 at 19.53.56

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Usai melounching pemasangan peringatan dini online (early warning system), Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose bersama Asops Kapolri Irjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H., Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos., M.AP. dan Kepala PVMBG menggelar jumpa pers di lobby Gedung UKM, Jalan Gajah Mada, Karangasem, Jumat (20/10/2017).

WhatsApp Image 2017-10-20 at 19.54.18Dihadapan awak media, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan bahwa berdasarkan teori yang ada, peristiwa Gunung Agung yang terjadi pada tahun 1963 merupakan natural disaster. Polri bersama stake holder lainnya seperti BNPB, PVMBG, TNI dan Instansi Pemerintah Daerah bersinergi dan bekerja secara maksimal dalam penanggulangan bencana alam ini. “Tugas kita adalah mengevakuasi, menolong korban. Jika bencana itu terjadi maka tugas kita adalah melakukan pemulihan,” ucapnya.

Beberapa waktu lalu juga sudah dipasang sebanyak 6 unit alat pendeteksi dini erupsi Gunung Agung di Kawasan Rawan Bencana (KRB). Alat ini akan mengeluarkan alarm berupa sirene sebelum Gunung Agung meletus. Namun alat ini, masih memiliki kekurangan dimana suara sirene tidak bisa menjangkau seluruh wilayah Karangasem.

Dengan dilounchingnya aplikasi pemasangan peringatan dini online, maka seluruh masyarakat akan mengetahui kondisi Gunung Agung melalui pemberitahuan suara alarm di Hp yang sudah diprogram. Aplikasi ini merupakan inisiatif dari Asops Kapolri untuk membantu jajaran Polda Bali, sehingga dapat membantu warga dengan memberikan peringatan dini jika Gunung Agung terjadi erupsi.

“Saya sebagai Kapolda Bali amat sangat menghargai, amat sangat berterima kasih bantuan dari Mabes Polri ini berupa aplikasi online, untuk membantu peringatan dini apabila terjadi kejadian,” kata Kapolda Bali.

Menurutnya, banyaknya jatuh korban yang terjadi di tempat lain saat gunung berapi meletus disebabkan karena minimnya informasi yang disampaikan ke masyarakat. Selain itu, lambatnya peringatan dini terkait kondisi gunung juga menjadi salah satu penyebabnya.

Jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini menambahkan, dalam aplikasi peringatan dini online tidak tersedia menu yang menginformasikan tentang jalur evakuasi. Akan tetapi, pihaknya akan menggelar latihan untuk memastikan dan memaksimalkan proses evakuasi. Pelaksanaan latihan akan dipimpin langsung Karo Ops Polda Bali.

“Diharapkan pada waktu ada kejadian kita sudah siap dan seperti arahan Presiden RI bahwa zero insident. Ini akan kita coba tentunya dengan latihan-latihan yang akan kita lakukan bersama dengan seluruh stake holder,” terang Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.

Sementara, Irjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. mengungkapkan, kedatangannya ke Bali untuk melounching pemasangan peringatan dini online dan melaksanakan supervisi dan asistensi terkait bencana Gunung Agung. Aplikasi ini, salah satu bentuk bantuan Mabes Polri kepada Polda Bali untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa jika Gunung Agung mengeluarkan erupsi.

“Kami memberikan bantuan untuk mempermudah yaitu aplikasi tadi, early warning system. Apabila terjadi erupsi, sehingga masyarakat lebih cepat dan mudah untuk mengetahui, sehingga evakuasi lebih mudah dan gampang. Kita berharap itu tidak terjadi, namun apapun kejadian harus kita antisipasi jauh-jauh hari,” terangnya.

Asops Kapolri menegaskan bahwa untuk penanganan bencana alam ini, Polda Bali menggelar Operasi Aman Nusa Agung II-2017. Dimana dalam pola operasi ada namanya kontijensi, sehingga Mabes Polri akan memberikan bantuan kontijensi baik itu berupa personel, sarana prasarana, dukungan logistik maupun anggaran.

“Ini sudah kita siapkan kalau itu terjadi. Namun demikian, kita berharap tidak sampai terjadi (Gunung Agung meletus). Sekali lagi kami berharap mudah-mudahan ada penurunan status dari yang sekarang, sehingga masyarakat Bali secara umum dan khususnya Karangasem akan kembali normal, pariwisata akan meningkat,” ungkapnya.

Penulis  : Arya

Editor    : Alfin

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password