Polisi dan Wisatawan Foto Bersama, Bukti Nyata Bali Masih Aman untuk Dunia

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Berita yang beredar di media sosial (medsos) sulit untuk dibendung, berita hoax pun tersebar dan dibaca oleh orang di dunia. Belakangan ini banyak berita hoax beredar tentang Gunung Agung yang sudah meletus. Bahkan untuk meyakinkan pembaca, berita itu dilengkapi dengan foto gunung yang benar-benar sudah meletus.

Faktanya, hingga saat ini Gunung Agung belum ada mengeluarkan erupsi sedikit pun sejak dinyatakan aktivitas Gunung Agung mulai meningkat yaitu mulai dari status normal, waspada, siaga dan awas. Akibatnya, Bali yang sudah ditetapkan sebagai destinasi terbaik di dunia akan ditakuti para wisatawan.

Berpengaruhnya jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata, berdampak pada perekonomian masyarakat Bali yang sebagian besar bergerak di sektor pariwisata. Melihat situasi ini, jajaran Polres Badung tidak mau diam. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya obyek wisata di wilayah Kabupaten Badung yang sebagian besar tersebar di sepanjang pantai.

Sebagai upaya menangkal berita hoax itu, personel Polres Badung menggelar kegiatan yang sangat unik. Sejumlah personel dari satuan fungsi mengunjungi tempat wisata, diantaranya obyek wisata Taman Ayun, Taman Gajah Petang, Pantai Petitenget dan Pantai Canggu. Para wisatawan diajak foto bersama sambal membawa kertas bertuliskan “I am in Bali now dan Yes! Bali is still safe”.

Ketika dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si. mengaku salut atas apa yang dilakukan jajaran Polres Badung dalam memberantas berita hoax. Kegiatan ini patut ditiru oleh Polres lainnya sehingga masyarakat tidak mudah percaya atas berita yang berdar di medsos.

“Yang terpenting dari kegiatan ini adalah membantu mempromosikan pariwisata Bali di mata dunia. Walaupun Gunung Agung ditetapkan pada status awas dan jika benar meletus, tidak semua wilayah di Bali akan terkena aliran magma, hanya sebagian kecil saja,” ucap perwira lulusan Akpol tahun 1993 ini.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password