Sering Merokok Saat Bersihkan Lahan, Petani Sawit Di Datangi Polisi

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sintang, Aiptu Sihotang melaksanakn Sosialisasi Karhutla untuk para petani sawit di Desa Argo Mulyo Kamis, (19/10/2017).

Sosialisasi penanggulangan Karhutla di Ketungau Tengah menyasar ke semua lapisan masyarakat. Petugas sosialisasi dari anggota Polsek Ketungau Tengah tak pernah membedakan (memilih) siapa yang akan diberikan sosialisasi, dikiranya perlu pasti di datangi petugas.

Dilihat beberapa pemuda sedang membersihkan gulma di sekitaran pohon sawit milik mereka sendiri sembari merokok, kemudian dia datangi. Agak terkejut dengan kedatangannya, namun setelah mendengar sapa dan salam darinya suasana menjadi cair. Kemudian di berikan pengertian tentang bahaya Karhutla. Penyebab kebakaran lahan ada yang di sengaja di bakar ataupun tidak sengaja.

Untuk yang tidak sengaja salah satunya berasal dari keteledoran  orang sembarangan membuang puntung rokok yang masih hidup ke tumpukan dedaunan kering. Setelah di berikan penjelasan mereka mengerti dan berjanji untuk tidak teledor dan kemudian bersedia memberikan dokumentasi sebagai wujud dukungan terhadap Gulkarhutla yang sedang di giatkan oleh Polsek Ketungau Tengah.

Di tempat terpisah Kapolsek Ketungau Tengah Ipda Eko Supriyatno, S.AP, M.AP menjelaskan sasaran sosialisasi Gulkarhutla ditujukan ke semua warga. “Jangan memilih siapa yang akan disosialisasikan. Lebih memandang sekiranya perlu berikanlah (sosialisasi karhutla – red) ” pinta Ipda Eko.

Penulis    : Arief S
Editor       : Alfian N /Nanang P
Publish    :chiadrsma

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password