Asops Kapolri Sosialisasikan Aplikasi Peringatan Dini Online Erupsi Gunung Agung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose, didampingi Waka Polda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si, dan seluruh Pejabat Utama Polda Bali beserta Kapolres se-Bali mengikuti kegiatan supervisi dan asistensi sekaligus kegiatan sosialisasi program aplikasi peringatan dini online erupsi Gunung Agung oleh Asops Kapolri Irjen Pol. Drs. Mochamad Irawan, S.H., M.M., M.H, bertempat di Gedung Rupatama Polda Bali, Kamis, 19/10.

Aplikasi peringatan dini online erupsi Gunung Agung ini rencananya akan di launching pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2017 di Karangasem, dan akan disosialisasikan kepada warga masyarakat Karangasem, sehingga nanti diharapkan setelah masyarakat Karangasem mendownload aplikasi tersebut dapat mengetahui informasi mengenai Erupsi Gunung Agung.

Karena nanti masyarakat yang sudah mendownload aplikasi ini akan mendapatkan informasi berupa alarm, yang secara otomatis berbunyi jika tanda/tombol dari aplikasi itu ditekan oleh operator, dimana nanti tombol utama dari aplikasi ini akan diserahkan kepada pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) Gunung Agung, “Jika Gunung Agung mengalami erupsi pihak PVMBG akan menekan tombol utama aplikasi tersebut, sehingga masyarakat cepat mengetahui informasi melalui alarm yang ditimbulkan oleh aplikasi itu.” Ucap Asops Kapolri Irjen Pol. Mochamad Irawan, dalam arahannya mengenai aplikasi peringatan dini online di Polda Bali.

Kapolda Bali dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Polda Bali sudah menyiapkan dan menyiagakan personilnya untuk mengamankan serta mengantisipasi jika terjadi erupsi Gunung Agung, dengan melibatkan personil Polda Bali beserta jajaran sebanyak 1.913 orang, yang nantinya juga akan diback up oleh personil BKO dari Korbrimob sebanyak 2.010 orang, untuk membantu menangani pergerakan para pengungsi saat terjadinya bencana Gunung Agung.

Irjen Pol. Petrus R. Golose, juga menambahkan, “Kami jajaran Polda Bali sangat terbantu apabila program aplikasi peringatan dini online erupsi Gunung Agung ini dapat diaplikasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga dapat mengurangi dampak yang akan ditimbulkan apabila Gunung Agung mengalami erupsi.” Ujarnya.

Penulis : Agra Diatmika

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password