Ditpolairud Polda Kalbar Gelar Tes Psikologi untuk Pemegang Senpi Organik

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-  Menghindari penyalahgunaan senpi, seperti kasus tewasnya tiga (3) anggota Polri dari satuan Brimob di Blora yang viral di medsos, 50 anggota Ditpolairud mengikuti rangkaian tes psikologi yang diadakan oleh tim psikolog dari RO SDM Polda Kalbar yang dipimpin oleh AKP Margus. M.Psi beserta Tim di Graha Arnavat Ditpolairud. Selasa (17/10/2017), Pukul 09/00 Wib.

Terkait hal tersebut Direktur Polairud Polda Kalbar Kombes Pol H. Alex Fauzi Rasad, S.ST, MK, SH melalui Kasubbagrenmin Ditpolairud Kompol Dewa Arinata, S.Ik menekankan pentingnya tes psikologi bagi personil Ditpolairud baik itu pemegang senpi maupun calon pemegang senpi organik Polri, “karena tes psikologi ini dinilai penting dalam penggunaan senpi untuk mengetahui tingkat emosi penggunanya,” Ujarnya.

Ketua Tim Psikolog dari RO SDM AKP Margus. M.Psi mengatakan “salah satu syarat penggunaan senpi adalah anggota harus lulus tes psikologi, kalaupun izin dari tes psikologi hais, tapi kartu pas senpi masih berlaku maka senpi organik tetap harus digudangkan”.

Kabagbinopsnal Ditpolairud AKBP Jamhuri Nurdin juga menambahkan “apabila sedang tidak bertugas, senpi harus disimpan atau jangan sampai berpindah ke tangan orang lain untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, karna senpi merupakan istri pertama”. Tuturnya.

Pemegang senpi diatur dalam perkap no 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian. Mereka yang dapat menggunakan senpi organik adalah yang bertugas di ranah penegakkan hukum seperti Ditpolairud.

Namun, bila ada anggota yang tidak lulus dalam psikologi kali ini, kami akan merekomendasikan kepada Tim Psikologi, untuk melarang penggunaan senpi.

Penulis : Mahrani
Editor : Alfian. N/ Nanang. P
Publish : Chiadaresma

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password