Sita 1,2 Gram Sabu dari Pengedar, Polda Kalsel Selamatkan 7 Ribu Jiwa dari Penyalahgunaan Narkoba

Tribratanews.polri.go.id-Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Selatan berhasil menyita barang bukti berupa sabu-sabu seberat 1.299,56 gram yang dapat merusak sekitar 7.000 jiwa penyalahguna.

“Barang bukti yang disita ini hasil pengungkapan kasus selama satu pekan terakhir,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Firman di Banjarmasin, saat press release kasus narkoba di Mapolda Kalsel didampingi Kabag Bin Ops AKBP Daryanto, Kasubdit I Kompol Ugeng Sudia Permana SH dan Kasubdit II AKBP Andi A, Selasa (17/10/2017).

Dalam satu minggu, Ditresnarkoba Polda Kalsel mengungkap sembilan kasus dengan menangkap sembilan tersangka pengedar narkotika jenis sabu-sabu.

Tindakan tegas dengan tembakan di kaki pun dilakukan petugas terhadap tersangka yang mencoba melawan atau kabur saat penyergapan.

Ada dua pelaku yang merasakan sakitnya timah panas dari peluru tajam senjata api tersebut, yakni MA (36) dengan barang bukti 293,5 gram sabu-sabu dan MH (38) yang ditemukan sabu-sabu 509,4 gram.

Sedangkan untuk tangkapan besar lainnya yang diungkap adalah tersangka MF dan Rd dengan sabu-sabu 298,5 gram yang diciduk di areal parkir Bandara Syamsudin Noor oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Banjarbaru yang dibackup Ditresnarkoba Polda Kalsel.

Jaringan pengedar Narkoba yang diungkap tersebut sebagian dikendalikan oleh narapidana yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas.

Untuk itu, kata alumni Akpol 1994 itu berharap pihak Lapas lebih meningkatkan pengawasannya sehingga alat komunikasi tidak bisa masuk hingga bebas digunakan oleh para narapidana.

“Kuncinya di komunikasi saja, jika akses itu bisa ditutup maka sulit bagi narapidana mengendalikan bisnis haramnya mengedarkan Narkoba,” tutur Kombes Pol Firman.
Kepada masyarakat, agar lebih proaktif lagi memberikan informasi jika mengetahui adanya peredaran Narkoba di lingkungannya.

“Peran serta masyarakat dan seluruh stakeholder sangat kami harapkan dalam pencegahan dan pemberantasan Narkoba di Kalsel,” tuturnya.

 

Penulis  : Yudha

Editor    : Alfian

Publish : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password