Komitmen Lestarikan Lingkungan, HUT Brimob Polda Sulsel ke 72 Polda Sulsel Kembali Tanam 11.000 Pohon Mangrove

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Salah satu desa di Pangkep terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan HUT ke-72 Brimob tingkat Polda Sulsel. Tahun 2017.

HUT Brimob Polda Sulsel tersebut digelar di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Selasa (17/10/2017). Pelaksanaan HUT Btimob ke 72 itu digelar dalam bentuk penanaman mangrove sebanyak 10.000 di pesisir pantai Desa Bulu Cindea. Selain di desa Bulu Condea penanaman Mangrove sebanyak 1000 pohon juga dilaksanakan di Desa Bojo, Kabupaten Barru.

Sebelum pelaksanaan penanaman Mangrove, dilaksanakan Apel bersama dalam rangka penanaman 11 ribu pohon Mangrove dan kegiatan transplantasi terumbu karang serta pengobatan gratis di Kabupaten Pangkep dalam rangka HUT Korps Brimob Polri ke 72 Tahun 2017 dan HUT PT Semen Tonasa ke 49 Tahun 2017.

Apel bersama tersebut dihadiri para pejabat utama Polda Sulsel, Bupati Pangkep H. Syamsuddin A. Hamid, Direktur PT Semen Tonasa Ir. Subhan SE, Kapolres Pangkep, dan pejabat Muspida lainnya serta jajaran Pemkab Pangkep, dan Direksi PT. Semen Tonasa, sementara itu para peserta upacara, tampak anggota Brimob, TNI, Basarnas, Satpam, Pelajar, dan kelompok-kelopok masyarakat Kabupaten Pangkep.

Kapolda Sulsel Irjen Pol .Drs. Muktiono dalam amanatnya pada Apel Bersama tersebut menyampaikan, tingkat abrasi sudah sangat mengkhawatirkan penduduk pesisir, hal tersebut akibat ulah segelintir oknum masyarakat yang merusak laut dengan bom ikan, membuang racun, sampah dan bahan perusak lainnya di laut.

“sebab itu Brimob terpanggil untuk menjaga lingkungan hidup agar terpelihara kelestariannya, untuk kelanjutan hidup kita semua,” ungkap Kapolda Sulsel.

Lebih lanjut Kapolda Sulsel menjelaskan penanaman pohon Mangrove di Kabupaten Pangkep ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pangkep dan PT. Semen Tonasa.

“Selain penanaman Mangrove 10.000 pohon di Pangkep, juga kita tanam 1.000 pohon di desa Bojo Kabupaten Barru, Brimob juga melaksanaka kegiatan sosial lainnya yaitu tranplantasi terumbu karang di Pulau Cambang-Cambang dan Pulau Samatellu Pedda Kabupaten Pangkep, serta Pengobatan gratis di Pulau Saugi Pangkep,” jelad Kapolda Sulsel.

Bupati Pangkep H. Syamsuddin A. Hamid, mengungkap terimakasihnya kepada Kapolda Sulsel dan Brimob yang memilih desa Bulu Cindea Pangkep.

“hari ini sejarah bagi Pangkep, kali pertama ada jenderal datang di Desa Bulu Cindea, selain itu, saya kira tepat sekali giat Brimob ini, untuk melakukan penanaman Mangrove, olehnya itu saya minta masyarakat jangan merusaknya, Bupati tegaskan siapapun merusak dikategorikan pelanggaran hukum, saya minta Kapolda tindak tegas bila ada yang merusak Pohon Mangrove di Pangkep ini,” tegas Syamsuddin.

Direktur Tonasa Ir. Subhan SE, mengatakan penghargaannya atas upaya bersama Brimob dan PT. Srmen Tonasa ini .

“sebagai bentuk sinergi PT Semen Tonasa dengan Polri, Tonasa sebagai BUMN, komitmen untuk Peduli lingkungan, bahkan tahun ini kita targetkan 20.000 pohon, karenanya kerja sama dengan Polri mudah-mudahan terus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Selanjutnya, diakhir upacara Bupati Pangkep menyerahkan hibah kendaraan roda 4 ke Kapolres Pangkep, selain itu Kapolda Sulsel juga menandatangani prasasti peresmian Desa Wisata Bulu Cindea.

Keberadaan Mangrove sendiri memiliki fungsi penting sebagai penyerap polutan, pelindung pantai, meredam gelombang air laut dan menahan sedimen. Selain itu, mangrove juga berfungsi sebagai penahan rob, energi gelombang serta melindungi pantai dari hempasan badai dan angin, mangrove juga dapat mengurangi emisi karbon sebagai upaya penanggulangan dampak pemanasan global.

Penulis : Taufiq
Editor : Alfian
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password