Polisi Serahkan Motor Hasil Razia Kepada Pemiliknya

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Keerom – Penyidik Sat Reskrim Polres Keerom menyerahkan barang bukti berupa SPM Honda Revo dengan no Pol Ds 2939 R kepada pemiliknya setelah menunjukkan bukti kepemilikannya di Kantor Polres Keerom, Senin (16/10/17) siang.

Kapolres Keerom Akbp Muji Windij Harto, S. IK. SH nebgatakan bahwa penyidik Sat Reskrim Polres Keerom telah mengembalikan motor hasil razia kepada sdr. Hengky, pemilik motor dengan nomor Polisi Ds 2939 R setelah dapat menunjukkan bukti kepemilikan berupa BPKB Spm tersebut.

“Motor tersebut merupakan BB hasil temuan razia yang saat itu pemilik tidak dapat menunjukkan STNK pada petugas sehingga diambil langkah untuk mengamankan Spm tersebut ke Polres Keerom dengan syarat motor tersebut dapat diambil kembali apabila si empunya dapat menunjukkan bukti kepemilikan,” kata Kapolres Keerom.

Hal ini, lanjut Kapolres, adalah salah satu upaya untuk meminimalisir maraknya peredaran motor bodong di Kab. Keerom dari hasil curanmor. Dalam penyerahan Spm kepada sdr. Hengky, otomatis disertai dengan penerbitan berita acara serah terima setelah mengecek secara ditail kecocokan antara BPKB dengan Spm tersebut yang berkaitan dengan nomor rangka dan nomor mesin.

“Apabila hal semacam ini terus-menerus dilakukan tentunya akan membuat efek jera pada pembeli Spm tanpa disertai dengan surat – surat yang sah, sehingga para pelaku curanmor akan sulit memasarkan hasil curiannya. Jika kesadaran dari masyarakat akan pentingnya bukti kepemilikan saat transaksi jual beli Spm, tidak menutup kemungkinan angka kriminalitas curanmor dengan sendirinya akan menurun,” pungkas Kapolres Keerom Akbp Muji Windi Harto.

Penulis: Parlan

Editor: Alfian Nur

Publisher: Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password