Kapolsek Monterado Tangkap Tangan dan Berikan Penyuluhan Kepada Pelajar SMP Yang Tidak Menggunakan Helm Saat Berkendara

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas khususnya saat mengendarai sepeda motor, memiliki Surat Ijin Mengemudi dan menggunakan helm standar SNI merupaka syarat mutlak saat mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Siang ini tepatnya saat para pelajar pulang sekolah, dari jerak yang cukup jauh terlihat oleh Kapolsek Monterado beberapa orang siswa-siswi yang mengendarai sepeda motor dan tanpa menggunakan helm standar SNI (16/10/2017).

Sejumlah pelajar yang hendak pulang sekolah dengan menggunakan sepeda motor akhirnya dihentikan oleh Kapolsek Monterado, mereka dikumpulkan dan satu persatu di tanya oleh Kapolsek.

Sebagian besar pelajar beralasan bahwa mereka terpaksa mengendarai sepeda motor saat pergi ke sekolah karena jarak rumah mereka sangat jauh dengan sekolah, sementara tidak ada yang sempat mengantarkan mereka sekolah karena seperti orang tua bekerja.

Saat Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH tangkap tangan pelajar SMP tersebut mereka diketahui belum memiliki SIM C sehingga tidak layak mengendarai sepeda motor dan tidak menggunakan helm standar SNI.

IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa melihat hal seperti ini pihaknya terus berupaya untuk memberikan pengertian kepada masyarakat desa untuk tertib berlalulintas, banyak kebijakan yang pihaknya berikan kepada pengendara sepeda motor karena menimbang situasi dan keadaan masyarakat desa di sini.

“Jarak tempuh rumah dan sekolah yang jauh serta tidak adanya angkutan umum yang ada setiap saat seperti oplet membuat para pelajar ini menggunakan sepeda motor sebagai sarana mereka pergi ke sekolah, tadi saya tekankan kepada mereka untuk selalu berhati-hati saat mengendarai sepeda motor serta menggunakan helm standar SNI,” terang Kapolsek Monterado.

Usai memberikan penjelasan dan himbauan kepada para pelajar terkait pelanggaran lalulintas yang mereka lakukan, kemudian Kapolsek Monterado memperbolehkan mereka pulang ke rumah dengan membawa sepeda motor mereka masing-masing namun dengan menekankan kepada para pelajar agar besok menggunakan helm standar SNI saat pergi ke sekolah.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Alfian Nurnas / Nanang Purnomo
Publish : Bunga Asri Prameswari

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password