Bidokkes Polda Kalbar Ikuti Pelatihan Dalam Bidang Forensik

Tribratanews.polri-go.id – Polda Kalbar – Jajaran Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Kalimantan Barat mendapatkan pelatihan peningkatan kemampuan kedokteran, Senin (16/10/2017) bertempat di Hotel Grand Mahkota Hotel Pontianak.

Pelatihan ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh Polda Kalbar khususnya Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes).

Tujuan diadakannya pelatihan peningkatan kemampuan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia personel, khususnya pengemban fungsi kedokteran kepolisian dalam bidang forensik.

Hal ini juga sebagai bentuk dukungan dalam tugas-tugas para dokter kepolisian terutama dalam menangani kejadian kedaruratan yang ditemukan di lapangan.
Seperti diketahui bersama bahwa saat ini grand strategy polri telah memasuki tahap III yaitu strive for exellence.

Salah satu upaya dalam mewujudkan keunggulan itu adalah dengan komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Wilayah Indonesia yang rentan bencana alam mengakibatkan banyak korban dan sebagian besar sulit untuk diidentifikasi.

Oleh karena itu polri dituntut untuk dapat memberikan kepastian hukum bagi masyarakat, khususnya keluarga korban dan dalam mengidentifikasi korban. Disinilah dibutuhkan peran bantuan teknis kedokteran forensik sebagai bagian dari kedokteran kepolisian untuk memenuhi tuntutan scientific crime investigation (SCI), serta demi kemanusiaan.

Sebagimana digariskan dalam undang-undang RI Nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian negara Indonesia, serta peraturan Kapolri Nomor 12 tahun 2011 tentang kdokteran kepolisian, salah satu tugas dan peranan dokpol adalah mengidentifikasi orang hilang dan jenazah.

Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Amrin Remico yang membuka kegiatan ini, sekaligus memberikan arahan kepada seluruh peserta pelatihan mengatakan, bahwa penting bagi kita semua terutama para dokter forensik untuk mengasah kemampuan dan keterampilannya agar semakin baik.

“Manfaatkan pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas sebagai pengemban kedokteran kepolisian. Jadilah kader-kader yang dapat diandalkan, yang berada didepan ketika dibutuhkan pada saat menolong dan mengindentifikasi korban. Perbanyak bertanya atau diskusi, serta aktiflah mencoba sesuatu selama pelatihan. Jadilah master dibidangnya,” ungkap Wakapolda Kalbar.

Penulis : Dikta
Editor : Alfian Nurnas/Nanang
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password