Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Karhutla Oleh Polres Sintang

Tribtaranews.polri.go.id, Polda Kalbar – Sintang, Kegiatan Patroli Terpadu Wilayah Daerah Operasi Prov.Kalbar Posko 24 kampanyekan penyuluhan dan Penanggulangan karhutla di Desa Mensiku (Senin ,16/10/17).

Kampanye serta penyuluhan pencegahan dan penanggulangan Karhutla sebagai bagian dari operasi Posko Terpadu yang melibatkan 3 istansi terkait Polsek Binjai hulu Brigadir Jasmin,Koramil Kelam Pelda Suharno dan Manggala Agni Tri Yanto SP serta 1 orang pendamping dari warga an.Selan terus dilakukan di wilayah Binjai hulu sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan ataupun lahan warga.

Langkah Preemtif yang dilakukan Tim Gabungan kampanye dan penyuluhan karhutla dengan menemui warga yang sedang berladang dengan memberikan himbauan dan mengajaknya untuk berfoto memakai spanduk sebagai bentuk dukungan anti Karhutla. Dan sebagai langkah preventif dengan melakukan patroli Patroli ke desa mensiku untuk melihat aktifitas warganya sekaligus penyuluhan dan himbauan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh warga di saat ditemui di lapangan adalah apa solusi membuka lahan selain dengan membakar?.Tim Gabungan tetap selalu memberikan pengertian mengenai efek buruk pembakaran lahan ataupun hutan dan lebih jauh menjelaskan tentang sanksi /hukuman apabila melanggarnya.selain itu warga juga dijelaskan bagi warga yang hendak membuka lahan sebaiknya kayu yang sudah ditebang dibiarkan busuk karena jika sudah lapuk juga bisa membantu kesuburan tanah dan sisa dikit dikit bisa dibakar sehingga tidak akan termonitor adanya titik hot spot.

“Sebuah tantangan yang tidak bisa dianggap enteng untuk merubah pola pikir serta perilaku masyarakat di pedalaman. Tetapi kalau tidak kita mulai dari sedini mungkin di kemudian hari menjadi tantangan besar sebagai tujuan utama dari kegiatan pencegahan dan penanggulangan Karhutla”. ungkap Brigadir Jasmin.

Penulis : Eky
Editor : Alfian Nurnas / Nanang Purnomo
Publish : Bunga Asri Prameswari

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password