Patroli Sat Pol Air Himbau Pemilik Tambang Speed Siapkan Alat Keselamatan

Tribratanews.polri.go.id. Polda Kalbar, Polres Sintang- Kondisi air Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang terus naik membuat Satuan Polisi Air Polres Sintang untuk rutin menghimbau dan mengingatkan para pemilik tambang transportasi air seperti Speed Boat dan Long Boat atau alkon agar menyediakan alat keselamatan seperti ring boy ( pelampung) dan leaf jacket (rompi apung), untuk selalu dikenakan para penumpang pada saat berada diatas speed boat atau long boat selama perjalanan berlangsung, Minggu, (15/10/2017).

Himbauan itu dilakukan langsung Kasat Pol Air Polres Sintang AKP Fahri Gunawan, SH, pada saat berada di dermaga ASDF Sintang yang terletak di Kelurahan Kapuas Kanan Sintang dan selama melakukan patroli disepanjang Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.

“Untuk keselamatan para Motoris dan para penumpang selama dalam perjalanan, saya himbau agar selalu menggunakan leaf jacket (rompi apung), dan bagi yang belum memiliki agar segera diupayakan untuk dipersiapkan demi keselamatan para Motoris sendiri maupun para penumpang,” tegas AKP Fahri.

Selain memberikan himbauan kepada para pemilik transportasi air, pada saat yang sama dalam pelaksanaan Patroli sepanjang Sungai Kapuas dan Melawi, Satuan Polisi Air Ini juga memantau situasi air yang ada serta memberikan himbauan kepada warga yang tinggal dibantaran sungai untuk selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya, karena dikhawatirkan seringnya anak-anak bermain diair tanpa menyadari dalamnya air serta arus deras dibawahnya.

Udin (45 Th) warga Sintang yang tinggal dipinggiran sungai Kapuas, mendapat himbauan dari petugas yang melaksanakan patroli, merasa senang dan sangat berterima kasih, setidaknya sudah mengingatkan kembali dirinya untuk selalu berhati-hati terutama dalam pengawasan terhadap anak-anak yang sering mandi di Sungai.

“Memang sidak (mereka-red) dah biase mandi di sungai, selama ini ndak ada masalah, karena sidak pandai berenang, tapi ndak salah lah, kalau ini sebagai pengingat saye,” ujar Udin dengan logatnya.

Masih banyaknya anggapan masyarakat bahwa naiknya air (pasang-red) adalah biasa dan sudah menjadikan rutinitas tiap tahunnya namun Satuan Polisi Air Polres sintang tetap selalu memberikan Himbauan dan pesan Kamtibmas guna keselamatan para warga dipinggiran Sungai.

Penulis : Hariyanto
Editor : Alfian Nurnas
Publish : W. Panjaitan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password