Banjir Lagi Polres Bima Kota Kerahkan Personil Evakuasi Warga

luapan air saat sore dan malam hari
luapan air saat sore dan malam hari

tribratanews.polri.go.id-Bima Kota, Khawatir akan banjir warga Kota Bima belum sirna, kemarin sore Jumat (13/01/2016) sekitar pukul 14.30 wita s/d 18.00 wita turun hujan dengan intensitas sedang-deras di Wilayah Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima dan seputaran Kota Bima.

Akibat hujan tersebut menyebabkan debit air pada sungai yang berada di Wilayah Wawo melintasi Lampe Kecamatan Rasanae Timur dan bermuara di sungai Padolo Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima meluap. Selain sungai tersebut  sungai Nungga, Ntobo, Panggi dan Penaraga pun ikut meluap.

Sekitar pukul 17.30 wita luapan air sungai mulai memasuki pemukiman warga. Adapun daerah yang terdampak luapan air diantaranya Kelurahan Rabadompu Timur, Kecamatan Raba (bantaran kali), Rw 02 Keluarahan Manggemaci, Kecamatan Mpunda, Lingkungan Suntu Kelurahan Pane, Kecamatan Rasanae Barat, Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat : Lingk. Sigi, Cabang Empat Pasar Raya, Komplek pertokoan, Rt 01, 02, 03, 04 Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat : Terminal Dara, jalan seputaran jalur Amahami, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Rasanae Barat.

Melihat hal ini Kepolisian Resort Bima Kota bersama Polsek Rasana’e Barat langsung bertindak cepat dengan mengerahkan pesonilnya untuk membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terkena luapan air dan menghimbau warga agar segera mencari lokasi yang datarannya lebih tinggi untuk mengantisipasi datangnya banjir besar, selain itu juga melakukan pengaturan lalu lintas dan menutup akses jalan yang menuju ke lokasi banjir agar masyarakat pengguna jalan tidak terjebak banjir.

Polsek Rasane barat mendata warga yang mengungsi
Polsek Rasane barat mendata warga yang mengungsi

Dari beberapa lokasi yang tergenang luapan air, tinggi luapan air sekitar ukuran mata kaki sampai selutut orang dewasa, kejadian banjir ini menyebabkan beberapa masyarakat mengungsi ke beberapa tempat yang danataraha lebih tinggi yakni di Gunung Raja/Dana Traha Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima sebanyak 8 KK atau 25 orang

, dengan memasang tiga tenda dan dua kios. Diseputaran Gunung Raja atau Dana Traha yang berasal dari masyarakat Kelurahan Dara, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Rasbar dengan jumlah pengungsi 7 KK atau 20 orang bertempat di gedung tingkat SMP 13  Tanjung Kota Bima.

Hingga pukul 24.05 wita kemudian luapan air  yang menggenangi pemukiman warga sudah surut/kering sehingga sebagian warga kembali untuk membersihkan rumah masing-msing sedangkan sebagian warga Kel. Dara masih berada dipengungsian karena kondisi jalan menuju rumahnya masih tergenang air.(Humas Polres Bima Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password