Upaya Polres Kapuas Hulu Dalam Mengantisipasi Karhutla

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Kepolisian Sektor Semitau bersama dengan Koramil Semitau dan Manggala Agni, meningkatkan patroli terpadu untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Patroli terpadu adalah suatu upaya pencegahan dengan menitikberatkan pada perubahan perilaku dan fasilitasi masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.ujar Kapolsek Semitau Ipda Dayan.

Selain meningkatkan patroli, personel gabungan yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu (Satgas Karhutla) juga intensif memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar jangan membuka lahan pertanian dengan cara membakar lahan.

“Dampak kebakaran lahan ini cukup luas. Terutama pada saat musim kemarau tiba, ini sangat berbahaya dan cara-cara lama membuka lahan dengan dibakar harus ditinggalkan, Selain itu, kebakaran juga berpotensi meluas hingga perkebunan masyarakat lain yang telah produktif yang berada di sekitar lahan yang terbakar ikut terbakar juga contohnya kebun karet, Ini jelas sangat merugikan”, ucap Dayan.

“Karhutla menjadi masalah tahunan yang dihadapi Provinsi Kalimantan Barat umumnya dan Kecamatan Semitau khususnya karena masyarakat di Kecamatan Semitau masih  menggunakan sistem ladang / huma yang berpindah – pindah dan membuka lahan dengan cara membakar” , tambahnya lagi.

Dengan di bentuknya tim satgas karhutla terpadu ini serta patroli karhutla yang rutin kita laksanakan dapat mengurangi terjadinya pembakaran lahan. agar kita terbebas dari kabut asap dan penyakit yang di timbulkan akibat dari kabut asap yang terjadi karena adanya kebakaran hutan dan lahan dan yang pasti agar masyarakat kita tidak terjerat hukum dan berharap masyarakat kita dapat merubah pola pikir dan merubah cara bercocok tanam dengan tidak membakar lahan lagi.

penulis : Mahadi Edma
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Bunga Asri Prameswari

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password