Peringatan HKGB ke 65 : Bhayangkari Daerah Sulbar Gelar Baksos Kesehatan Masyarakat di Polres Mamuju

tribratanews.polri.go.id – polda sulbar, Dalam rangka memperingati hari kesatuan gerak bhayangkari (HKGB) ke 65, Bhayangkari Daerah Sulawesi Barat menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan masyarakat. Sabtu (14/10/17) di Aula Wirasatya 96 Mapolres Mamuju, Jl. Ks. Tubun.
Pelaksanaan kegiatan Baksos Kesehatan Masyarakat bhyangkari bekerjasama berlangung atas kerjasama OASE, Dinkes, BPJS dan Biddokes Polda Sulbar.
Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Daerah Bhayangkari Sulbar, Ibu Irwasda Polda Sulbar, Ketua Cabang Bhayangkari Mamuju, Pengurus Ranting Bhayangkari Polres Mamuju serta Pengurus dan Anggota Bhayangkari Polres Mamuju.
Dalam acara bakti sosial kesehatan masyarakat tersebut Bhyangkari Daerah mendatangkang langsung dr. Yunus dengan membawakan materi tentang kanker Serviks sekaligus menyampaikan ciri dan gejala yang harus diwaspadai.
Adapun hal-hal yang perlu diwaspadai yakni Flek atau pendarahan di luar jadwal menstruasi, Mens lebih panjang dari biasanya, Darah mens lebih banyak dari biasanya, Mudah terjadi pendarahan misalnya setelah berhubungan seksual, Nyeri selama berhubungan seksual, Nyeri di pinggul, Pendarahan pasca menopouse, Keputihan yang tdk biasa, keluar cairan berlebih biasanya berwarna merah mudah atau berbau busuk, Kehilangan nafsu makan dan Berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas.
Selain itu, hal lain yang menjadi penyebabnya adalah Kelelahan mudah sekali merasa lelah dan letih, Sakit punggung, Nyeri kaki atau bengkak pada kaki, Keluar cairan urine atau deses dari jalan lahir, Mudah mengalami patah tulang, Sembelit, Darah dalam urine dan Hilangnya kontrol kandung kemih.
Lebih lanjut ditambahkan, dalam hitungan jam infeksi virus yg bernama Human Papilloma Virus berhasil merenggut nyawa di Indonesia 40 wanita setiap hari terjangkit kanker serviks, 20 diantaranya meninggal dunia.
Namun dari Penyebab terjadinya kanker tentu ada cara untuk mencegah kanker servisk secara dini yaitu dengan Melaksanakan Tes Papsmear secara berkala, Vaksin HPV, Tidak berganti ganti pasangan serta Masih muda jangan pacaran. Jelasnya
Tidak hanya itu, dalam sosialisasi kesehatan masyarakat tersebut juga dibahas masalah kanker payu dara yang disampaikan Oleh dr Agustinus SPB.
Usai pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan ibu bhayangkari di Poliklinik Polres Mamuju. selanjutnya Bhayangkari Daerah Sulbar memberikan akta gratis kepada 33 anak di Kab. mamuju.
Penyerahan Akte kelahiran diserahkan secara simbolis kepada 8 perwakilan dan masing-masing 4 orang dari kecamatan Mamuju dan 4 orang dari Kecamatan Kalukku.
Penulis : Wirad
Editor : Alfian
Publish : triyono abidin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password