Door to Door System (DDS) Jurus Jitu Bhabinkamtibmas Dengarkan Keluh Kesah Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Sehari-harinya Bhabinkamtibmas Polsek Semitau selain melaksanakan dan mengemban tugas selaku seorang anggota POLRI, juga melaksanakan kegiatan Door To Door System (DDS).

Door to Door System merupakan kegiatan sambang yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas di Desa binaanya dengan cara mendatangi dari rumah satu ke rumah lainya.

Polsek Semitau memiliki Dua anggota Bhabinkamtibmas yaitu Brigadir Bonifasius Arke dengan Desa binaan Desa Semitau Hilir dan Brigadir Ade Kristian Dawel Dengan Desa Binaan Desa Kenerak ujar Kapolsek Semitau Ipda Dayan.

Kapolsek Semitau Ipda Dayan juga mengatakan bahwa kegiatan DDS ini merupakan tugas yang wajib Bhabinkamtibmas laksanakan setiap harinya, agar dapat mengetahui / memantau kegiatan dan aktivitas masyarakat sehari-harinya di Desa Binaan, selain itu dapat juga memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan desa binaan dan wilayah Kecamatan Semitau umumnya dengan selalu hadirnya Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat.

Dengan kegiatan DDS ini kita mengharapkan Bhabinkamtibmas Dapat merangkul seluruh lapisan dan elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Semitau agar dapat bersama-sama menjaga sitkamtibmas yang aman dan kondusif serta dapat mencegah dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Desa binaan dan di wilayah Kecamatan Semitau karena Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dari Kepolisian dalam menjaga sitkamtibmas, ujar Kapolsek Semitau.

Di sela-sela kegiatan DDS Brigadir Bonifasius Arke menyampaikan DDS merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan sangat efektif untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas / himbauan karena langsung bertatap muka dengan masyarakat.

selain untuk meningkatkan silahturahmi antara masyarakat dengan Bhabinkamtibmas, ucap Bonifasius Arke.

Bonifasius Arke menambahkan bahwa saat melaksanakan DDS tidak jarang juga terkadang masyarakat menyampaikan keluh kesah / Permasalahan yang mereka alami kepada Bhabinkamtibmas dan dengan senang hati kami selaku Bhabinkamtibmas membantu masyarakat dalam memecahkan permasalahan secara bersama-sama.

“selaku Bhabinkamtibmas harus siap sedia menerima dengan lapang dada keluh kesah, saran, usul dan kritikan dari masyarakat karena kami juga sadar sebagai Bhabinkamtibmas belumlah sempurna tetapi kami akan tetap melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat,” ujar Brigadir Bonifasius Arke.

Penulis : Mahadi Edma
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password