197 Pelanggar Lalu Lintas Potensi Kecelakaan Fatal Ditindak Polres Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Selama digelarnya penindakan pelanggaran lalu lintas yang kasat mata oleh Sat Lantas Polres Tanggamus mulai Senin (9/10/17) hingga Jumat (13/10/17).

Satlantas Polres Tanggamus‎ mencatat terdapat 197 pengendara melakukan pelanggaran lalu lintas yang dikatakan dapat sebagai pemicu terjadinya kecelakaan fatal.‎ Dari jumlah 197 penindakan hampir keseluruhan pelanggaran dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor roda dua. Sedangkan pelanggaran pada roda empat angkanya relatif kecil.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si melalui ‎Kasat Lantas, AKP Sopyan, SH mengatakan, kegiatan rutin yang ditingkatkan dilaksanakan dalam rangka penertiban pelanggaran kasat mata‎ masih menemukan pengendara motor yang tidak mengenakan helm pada hari terakhir operasi, Jumat (13/10). ‎

“Operasi hingga mendapatkan ratusan pelanggar tersebut difokusan terhadap pelanggaran kasat mata, yang berpotensi kejadian laka lantas fatal. Diantaranya seperti tidak mengenakan helm, pengendera boncengan 3 orang , tidak memasang spion dikedua sisi kendaraan serta penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan laik jalan,” kata AKP Sofyan, Sabtu (14/10/17).

Sementara itu, berdasarkan analisa pelanggaran yang ditindak Polres Tangggamus, AKP Sofyan mengungkapkan dari 197 pelanggar, dominasi pendidikan pelanggar rata-rata SLTA sebanyak 138 pelanggar, perguruan tinggi 12 pelanggar dan 47 pelanggar berpendidikan SD/SMP. “Sementara dominasi umur dilakukan oleh pelanggar berumur 30 tahun keatas sebanyak 111, umur 16 – 20 sebanyak 33 pelanggar dan umur 20 – 30 sebanyak 53 pelanggar”, ungkapnya.

Ditegaskan AKP Sopyan, meskipun penindakan rutin yang ditingkatkan mengenai pelanggaran kasat mata‎ 2017 telah berakhir, polisi akan terus melakukan pembinaan atau penyadaran tertib berlalu lintas di wilayah hukum Polres Tanggamus.

“Bahkan ‎ tetap tidak akan segan melakukan tindakan tilang bagi pelanggar lalu lintas,”tandasnya. (*)

Penulis : N.Muslih / Polres Tanggamus
Editor : Alfian Nur
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password