Terlibat Narkoba, 3 Orang Pria “Tercyduk”, 2 Orang Diantaranya Adalah Residivis

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri Hilir

Dalam sehari, tiga orang tersangka tindak pidana narkotika, “tercyduk” aparat Kepolisian Resor Indragiri Hilir, 2 diantara tersangka adalah residivis kasus yang sama. Ketiga tersangka tersebut ditangkap di tempat berbeda di Kabupaten Indragiri Hilir. Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dolifar Manurung, S.IK, M.Si, melalui Kasat Res Narkoba AKP Bachtiar, SH dan Kapolsek Kemuning KOMPOL Taufik Suardi, SH, membenarkan penangkapan tersebut.

Di Tembilahan, 2 orang residivis, diamankan Unit Opsnal Sat Res Narkoba Polres Indragiri Hilir, karena diduga menjadi pelaku tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu, di 2 TKP yang berbeda. Tersangka Ras (44 tahun), warga Jalan H. Amir Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, diamankan di Jalan Sungai Beringin Parit 18 Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, pada hari Jumat, 13/10/2017, sekira pukul 18.00 WIB, dan Tersangka AM (45 tahun), warga Jalan Pekan Arba Kelurahan Pekan Arba Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, diamankan di Jalan H. Amir Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, pada hari Jumat, 13/10/2017, sekira pukul 19.00 WIB.

Dari tersangka Ras, disita barang bukti berupa 1 paket kecil sabu-sabu, 6 lembar plastik putih pembungkus, 1 set alat bong, 1 bilah gunting pemotong gunting pemotong, 1 botol plastik warna hitam, 1 unit HP Samsung warna putih, 1 unit HP Nokia warna hitam dan uang tunai sebesar Rp. 1.025.000,- (satu juta dua puluh lima ribu rupiah). Tersangka ini adalah residivis kasus narkotika jenis ganja dan sabu-sabu pada, pada tahun 2006 dan 2008, sedangkan tersangka AM, disita 2 paket sedang sabu-sabu, 1 ikat pembungkus plastik sabu-sabu, 1 bilah gunting pemotong, 3 buah kaca pembakar, 1 buah dompet warna hitam dan coklat, serta uang tunai sebesar Rp. 3.247.000,- (tiga juta dua ratus empat puluh tujuh ribu rupiah). Tersangka AM ini adalah residivis kasus narkotika jenis sabu-sabu tahun 2006 dan 2013.

Photo Blur_Oct142017_094422“Penangkapan kedua tersangka, berawal ketika masyarakat menginformasikan bahwa di perumahan H. Amir Kelurahan Sungai Beringin, sering terjadi transaksi narkotika jenis sabu-sabu, dan hal tersebut, cukup meresahkan masyarakat”, tutur AKP Bachtiar.

Menanggapi informasi tersebut, Kasat lalu memerintahkan Unit Opsnal Sat Res Narkoba, untuk melakukan penyelidikan. Unit Opsnal kemudian menangkap terhadap tersangka Ras. Dengan disaksikan Ketua RT dan warga setempat, dilakukan penggeledahan terhadap badan dan rumah tersangka. Dari hasil penggeledahan, ditemukan barang bukti sebagaimana tersebut di atas.

Unit Opsnal kemudian melakukan pengembangan dan di dapatkan nama tersangka lainnya. Tersangka yang bernama AM, berhasil ditangkap, dan saat dilakukan penggeledahan, yang disaksikan oleh Ketua RT dan warga, diperoleh barang bukti, sebagaimana yang tercantum di atas.

Sebelumnya, dihari yang sama, Unit Opsnal Polsek Kemuning, juga menangkap seorang pria muda, yang diduga menjadi pelaku tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu dan ekstasi, di Dusun Duku Desa Talang Jangkang Kecamatan Kemuning, Jumat, 13/10/2017, sekira pukul 14.00 WIB. Tersangka berinisial Yo alias Mu (20 tahun) warga Desa Lubuk Besar Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, sedangkan pemasok barang haram tersebut berinisial To, warga Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning, berhasil melarikan diri. Dalam penangkapan ini, disita barang bukti berupa 1 (satu) paket besar diduga narkotika jenis sabu-sabu, 6 (enam) paket kecil diduga narkotika jenis sabu-sabu, 2 (dua) bungkus berisikan 78 (tujuh puluh delapan) butir pil diduga narkotika jenis ekstasi, 1 (satu) buah timbangan digital merk Acis, Uang tunai sebesar Rp. 400.000,- (Empat ratus ribu rupiah) dan 1 (satu) buah tas ransel warna biru.

Photo Blur_Oct132017_223131

Lebih jauh Kapolsek Kemuning KOMPOL Taufik Suardi, SH, mengatakan bahwa penangkapan tersangka ini berawal dari informasi yang disampaikan oleh masyarakat, bahwa akan ada orang yang bertransaksi narkoba di Desa Talang Jangkang Kecamatan Kemuning, dengan ciri-ciri berbadan kurus memakai baju hitam celana jeans. Mendapat informasi tersebut, Kapolsek langsung memerintahkan Unit Opsnal Polsek Kemuning, untuk melakukan penyelidikan.

“Sesampai di tempat dimaksud, ternyata ada seseorang laki-laki, yang sesuai dengan informasi masyarakat tadi”, tutur KOMPOL Taufik. Lelaki yang kemudian mengaku bernama Yo alias Mu, langsung diamankan petugas.

“Saat digeledah, di dompet tersangka, ditemukan 6 paket kecil diduga narkotika jenis sabu-sabu dan uang tunai sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah)”, beber Kapolsek. Tersangka mengakui, bahwa barang yang diduga adalah sabu-sabu dan uang tunai adalah milik tersangka dan hasil penjualan. Yo selanjutnya mengakui bahwa narkotika tersebut dibeli dari tersangka To, di Desa Kemuning Muda.

Polisi langsung bergerak ke alamat yang disebutkan tersangka Yo, namun ternyata tersangka To, sudah tidak berada dirumahnya. Dengan disaksikan Kepala Dusun setempat, dilakukan penggeledahan dikediaman tersangka To, dan ditemukan 1 paket besar diduga narkotika jenis sabu-sabu dan 2 bungkus berisikan pil diduga narkotika jenis ekstasi sebanyak 78 butir.

Saat ini, ketiga tersangka dan barang bukti, sudah diamankan di Mapolres Indragiri Hili dan Mapolsek Kemuning, untuk proses penyidikan lebih lanjut, sedangkan tersangka To, jadi DPO dan masih dalam pengejaran Unit Opsnal Polsek Kemuning.

Penulis : Heriman Putra
Editor   : Alvian Nur
Publish : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password