Hati-Hati Penipuan di Sangihe, Catut Nama Kapolres

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Percobaan tindak pidana penipuan terjadi di Tabukan Utara, Kabupaten Sangihe, Jumat (13/10/2017) siang. Kali ini penipuan bemoduskan permintaan sejumlah uang kepada masyarakat yang mengatasnamakan Kapolres Sangihe.

Adalah calon korban, lelaki Maythran Ekaprasatia, warga Tabukan Utara yang melaporkan hal tersebut ke Mapolsek Tabut.

Ia menjelaskan, pada siang itu sempat menerima telepon dari seseorang yang mengaku ajudan Kapolres dengan nomor HP 081296787157. Saat itu katanya, penelepon menyuruh dirinya menghubungi Pak Kapolres ke nomor HP 081319379978.

Tanpa berpikir panjang dan merasa ketakutan, akhirya ia menelpon. Terjadilah percakapan antara calon korban dengan sesorang yang mengaku Kapolres Sangihe.

Lelaki yang mengaku Kapolres meminta uang sebesar Rp. 2 juta dengan alasan bahwa Polres Sangihe membutuhkan dana untuk operasional kendaraan dinas yang baru untuk patroli, sedangkan dana belum cair sehingga membutuhkan bantuan dana dari masyarakat.

Calon korban yang semakin tersudut karena ketakutan akhirnya mengaku ke penipu itu kalau dirinya hanya masyarakat kecil dan hanya mempunyai uang sebesar Rp. 500.

“Oh iya, gak apa-apa itu saja,” ujar penipu itu ditirukan oleh calon korban. “Ok pak, nanti uangnya saya langsung bawa saja ke Polres,” kata korban.

Si penipu kemudian melarang calon korban membawa uang langsung ke Mapolres dengan alasan nanti akan terkena OTT (Operasi Tangkap Tangan).

“Begini saja, kamu transfer uangnya lewat rekening atas nama Ibu Sofiah, dia itu bendahara di Polres, nanti bukti pengiriman tadi kamu taruh di dalam amplop dan dibawa ke Polres,” ujar penipu itu kepada korban.

Karena akhirnya merasa ini sebagai penipuan, kemudian korban melapor ke Polsek Tabukan Utara.

Kapolres Sangihe AKBP I Dewa Made Adnyana saat dikonfirmasi sangat menyesalkan tindakan oknum yang mencatut namanya untuk penipuan. ”Saya menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati hati lagi terkait dengan modus penipuan yang terjadi saat ini, Saya dan Polres Sangihe tidak pernah melakukan hal seperti itu,” ujarnya.

Beliau juga menambahkan jika mengalami hal seperti itu, maka segera lapor ke aparat terdekat.

Kasat Reskrim Polres Sangihe Iptu Denny T juga menambahkan bahwa peristiwa seperti ini juga sudah pernah terjadi. “Saat ini nomor HP-nya sementara dalam penyelidikan,” tandasnya.

Penulis: Supri
Editor: Afian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password