Tanggulangi Paham Radikal, Polda DIY bersama FKPT DIY Hadir Menyapa Pendengar Radio Sonora Jogja

13. Sonora

tribratanews.polri.go.id -Jogja, upaya menanggulangi paham radikalisme di Yogyakarta terus dilakukan oleh berbagai instansi di Yogyakarta seperti halnya Polda DIY dengan Forum Komunikasi Penangulangan Teroris (FKPT) DIY bersinergitas untuk melakukan siaran langsung di radio Sonora 94.7 FM., Jumat (13/10/17).

Narasumber yaitu Kanit Kam Dit Intelkam Polda DIY Kompol Wiwik Hari Tulasmi dengan Ketua FKPT DIY KH. Muhaimin yang di presenter oleh Sdr Hasta.

Seperti yang dijelaskan oleh KH. Muhaimin bahwa perkembangan Ekstrimisme paham radikal berkembang pesat lewat media sosial. Pihaknya lebih memahami bahwa mindset agama di Indonesia sangat tiologis dan doktrinal sehingga mudah terprovokasi dari ajakan yang justru melengceng dari ajaran agama. Sudah tugas kita untuk menggeser mindset tiologis dan doktrinal menjadi pemahaman agama yang lebih humanis dan berbudaya.

“Manusia adalah ciptaan Tuhan yang unggul dan harus dihormati, beda agama ataupun tidak punya agama harus kita hormati dan hargai esksistensi kemanusiaan nya,” imbuh K.H Muhaimin.

Sedangkan Kompol Wiwik dalam talkshownya lebih menjelaskan pengertian paham radikal.

“paham radikal yakni bukan sekedar siapa pelaku, kelompok atau jaringannya namun lebihdari itu, paham tersebut merupakan pemikiran atau tindakan yang memiliki akar keyakinan, doktrin dan ideologi yang menyerang dan meracuni kesadaran masyarakat,” ujarnya.

Mari kita jaga sanak saudara terdekat kita untuk lebih memahami budaya keagaaman bangsa Indonesia dan keberagaman NKRI sehingga pemahaman yang provokatif tersebut dapat terhapuskan.

penulis : Riyo
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password