Polres Sambas Gandeng Tomas, Toga dan Kaum Pelajar Ikuti Penyuluhan Hukum

IMG-20171012-WA0074

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sambas, Kamis (12/10/2017) Aula Dhira Wijaya Polres Sambas yang biasanya lenggang mendadak menjadi ramai dan riuh dengan serbuan dari Tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa dan pelajar SMA di Kecamatan Sambas.

Hal ini rupanya dipicu karena Polres Sambas yang kedatangan rombongan dari Polda Kalbar yang dipimpin oleh Kepala Bidang Hukum Polda Kalbar Kombes Pol A. Widihandoko, SH. yang menggelar sosialisasi dan penyuluhan hukum di Polres Sambas.
Sebelum penyuluhan hukum tersebut, Kabid Hukum Polda Kalbar ini tidak lupa menekankan refleksi makna Bhinneka tunggal Ika yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai falsafah hidup bangsa. Dalam penyampaiannya, Kombes Pol Widihatnoko menegaskan walaupun kita berbeda – beda suku dan agama tapi kita tetap satu kesatuan sebagai Bangsa Indonesia.

Kemudian Kabid Hukum Polda Kalbar ini menyampaikan materi tentang Peraturan Pemerintah tentang Organisasi Kemasyarakat yang berimbas dibubarkannya ormas HTI yang dianggap sudah tidak sesuai dengan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain materi tentang Perpu Ormas, rombongan Bidkum Polda Kalbar ini juga menyampaikan penyuluhan materi tentang Peraturan Kapolri Nokmor 02 Tahun 2017 tentang tata cara pemberian bantuan hukum oleh Polri, Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2017 tentang usaha bagi anggota Polri, dan Peraturan Kapolri Nomor 10 tahun 2017 tentang kepemilikan barang mewah yang disampaikan oleh AKBP Hartono.

Untuk Penutup, Kompol Supriyadi menyampaikan penyuluhan mengenai Peraturan Kapolri Nomor 11 tahun 2017 tentang perijinan, pengawasan dan pengendalian senjata api non organik TNI / Polri dan peralatan keamanan yang digolongkan senjata api bagi pengemban fungsi operasional.

“Kegiatan ini sangan baik sekali untuk menambah wawasan dan ilmu sehingga kami juga dapat mengerti tentang peraturan dan undang – undang yang berlaku sekarang ini. Kami sangat berharap agar acara seperti ini sering diadakan dan kami juga dapat berpartisipasi untuk ikut hadir kembali juga”, ujar Rizal, Mahasiswa Poltek Sambas yang ikut hadir dalam sosialisasi di Polres Sambas ini.

Penulis : Reza
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password