Cegah Illegal Logging, Polsek Amurang Bersama TNI dan Polhut Gelar Patroli di Kawasan Hutan Lindung Gunung Soputan

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Tim Gabungan dari Polsek Amurang, TNI Koramil Amurang, Polisi Kehutanan (Polhut) dan Pemerintah Kecamatan Amurang Timur menggelar patroli bersama di Kawasan Hutan Lindung disekitar kaki Gunung Soputan, wilayah kepolisian Desa Kotamenara, Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (11/10/2017).

Dikatakan oleh Kapolsek Amurang, AKP Arie Prakoso, patroli ini merupakan kegiatan rutin untuk memeriksa kondisi Kawasan Hutan Lindung. “Tujuannya untuk mencegah terjadinya aksi pengerusakan hutan serta pembalakan liar atau illegal logging,” ujarnya.

Hasil peninjauan lokasi, ditemukan beberapa titik di Kawasan Hutan Lindung tersebut yang telah dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Disinyalir, pohon-pohon yang ditebang secara liar dijadikan komoditas bisnis dan industri.

Kapolsek menyayangkan terjadinya pengerusakan dan pembalakan liar hanya demi kepentingan dan keuntungan segelintir orang. “Kita semua harus menyadari, betapa pentingnya melestarikan hutan demi kelangsungan hidup ekosistem di dalamnya maupun demi generasi yang akan datang,” kata Kapolsek.

Dari hasil pemeriksaan disimpulkan, pengawasan hutan selanjutnya diserahkan kepada Polhut Unit V selaku penanggung jawab pengawasan Kawasan Hutan Lindung di Minahasa Selatan, yang dalam pelaksanaan tugasnya akan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Kita akan terus berkoordinasi mengenai upaya pengawasan Kawasan Hutan Lindung ini. Untuk ranah pidananya nanti, dalam hal ini Illegal logging, apabila ditemukan akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tutup Kapolsek.

Penulis: Neksen
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password