Komitmen Bersama Jelang Wisuda 817 Warga Baru PSHT Trenggalek

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Pencak silat merupakan salah satu kasanah budaya Indonesia yang terus dilestarikan hingga saat ini. Bahkan seni beladiri asli Nusantara ini sudah banyak berkembang hingga ke mancanegara. Di Kabupaten Trenggalek, pencaksilat bisa dikatakan berkembang cukup pesat.

Ada beberapa perguruan yang tercatat dibawah naungan IPSI. Diantaranya adalah PSHT atau Persaudaraan Setia Hati Terate yang akan punya gawe besar pengesahan warga baru yang dipusatkan di Padepokan Trah Hangabehi di Desa Karangsoko Trenggalek, 14 oktober 2017 mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengesahan warga baru ini diikuti oleh ratusan civitas pencak silat PSHT dari berbagai penjuru Kabupaten Trenggalek. Guna mengantisipasi berbagai kerawanan yang mungkin timbul, Polres Trenggalek menggelar Rakor pengamanan pengesahan warga baru PSHT Trenggalek.

Hadir dalam Rakor tersebut, Wakapolres Trenggalek Kompol Andi Fevrianto Ali, SE., Kasdim 0806 Trenggalek Mayor Inf Misirin, Sekda Kabupaten Trenggalek Drs. Ali Mustofa M.Si, Pejabat utama Polres Trenggalek, Kapolsek dan Danramil jajaran se-Kabupaten Trenggalek, Dishub, Satpol PP dan perwakilan pengurus PSHT Cabang Trenggalek.

Dari paparan yang disampaikan, sedikitnya 817 orang akan diwisuda atau disahkan sebagai warga baru PSHT. Sedangkan petugas pengamanan yang dilibatkan sebanyak 753 orang dari berbagai instansi dan akan didukung oleh Pamter atau pengamanan internal dari PSHT sendiri.

Sementara itu, Wakapolres Trenggalek menegaskan bahwa sudah menjadi komitmen bersama kegiatan tersebut tidak akan melibatkan penggembira dari luar kota. Oleh karenanya akan dilakukan penyekatan di perbatasan Tulungagung dan Ponorogo.

“Kegiatan ini menjadi tanggung jawab bersama agar bisa berjalan dengan aman dan lancar” ucap Kompol Andi.

Masih kata Kompol Andi, diupayakan baik calon warga baru maupun penggembira menggunakan kendaraan roda empat tertutup. Hal tersebut merupakan upaya preventif, mencegah dari berbagai hal yang mungkin terjadi di sepanjang perjalanan.

“Nanti, rombongan akan dikawal oleh Polsek jajaran sampai di lokasi” tegasnya.

Kompol Andi berharap, seluruh warga PSHT maupun perguruan pencak silat lainnya dapat berkontribusi positif dalam menjaga Kamtibmas kondusif di Kabupaten Trenggalek dan tidak mudah terprovokasi sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kita akan berupaya maksimal dan all out melakukan pengamanan” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password