Brigpol Eman Sulaiman Hadiri Kegiatan Mediasi Antar Warga

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Bhabinkamtibmas Kel.Rangas BRIGPOL EMAN SULAIMAN,SE menghadiri gait mediasi warga antara masyarakat kel.Rangas dengan masyarakat desa Karampuang, Yakni pihak keluarga Pak. ABD RAHMAN.S dengan Pihak keluarga ALI.L. Senin (09/10/2017)

Adapun giat yang dilaksanakan yakni bersama Lurah Rangas. Pak. WAHYUDDIN, Seklur Rangas Pak. MUH.TAUFIQ, beberapa staf lelurahan rangas, dan seluruh pihak pihak terkait yang mengklaim lokasi seluas. -+ 4.768,5 M². Sesui sproradik no.reg.593/154/III/2008/L-RGS tanggal 14-03-2008. Meninjau lokasi secara lansung, untuk mengecek sluruh batas batas yang diklaim oleh Pak.ALI.L dan Keluarganya. Pengecekan lokasi dilakukan secara keseluruhan, dan pada saat titik titik tertentu. Sehingga Muncullah seluruh pemilik2 batas dgn membawa alas hak berupa sporadik. Sehingga Pak.ALI.L terkadang memindah mindahkan patok yg sdh iya tancap berdasarkan instruksi pemilik lokasi yg memiliki alas hak (sporadik). smapai pada ujung pengecekan lokasi dengan adanya para pemilik batas batas membuktikan bahwa tidak ada sama sekali lokasi yg kosong, seperti yg diklaim oleh Pak.ALI.L.

Kemudian giat dilanjutkan ke mediasi dikantor kel.rangas dengan agenda analisa kasus. Dihadiri oleh seluruh pihak, dan juga hadir Pak. ABD. THALIB. S.Sos (Camat Kec.Simboro) yang sengaja dihadirkan untuk memberikan keterangan, mengingat pada tahun 2008 dirinya selaku Lurah Rangas pada saat itu. (pembuat sporadik milik. Pak.ABD.RAHMAN.S)

Dari giat mediasi tidak ada titik temu. Sebab bebrapa saksi hidup pihak Pak.ALI.L hanya sebatas memberikan keterangan dan tdk bisa memunculkan bukti fisik (verbal) baik berupa SKT, SPORADIK, maupun SERTIFIKAT. sehinga bhabin, camat simboro, dan lurah rangas mengambil kesimpulan. Bahwa maslah ini kita kembalikan kepada sluruh pihak untuk dipersilahkan melakukan loby-loby secara kekeluargaan, silahkan atur waktu dan kesempatan masing2, namun pihak Pak.ABD.RAHMAN.S sendiri ttap menolak, sehingga keputusan terakhir adalah masing-masing pihak melanjutkan jalur hukum (pengadilan).

Setelah bhabinkamtibmas memberikan pemahaman dan pengarahan tarkait kaitan hukum permaslahan yg terjadi ini. maka pihak dari Pak.ALI.L menyatakan tdk akan lagi mengelola atau menggarap lokasi yg dimaksud. Kemudian untuk laporan polisi yang telah dibuat oleh Pak.ABD.RAHMAN.S. terkait kasus penyerobotan tanah yang dilakukan oleh Pak.ALI.L juga tetap dlanjutkan. Pak.ABD.RAHMAN.S tidak mau mencabut laporannya. Apabila Pak. ALI.L tdk mau membuat pernyataan bahwa dirinya tidak akan mengusik usik lagi smpai pada penuntutan di pengadilan terkait maslah lokasi ini.

Bhabinkamtibmas bersama pemerintah kelurahan melaksanakan Upaya mediasi ini adalah untuk mengakomodir keinginan warga binaan dan termasuk masyarakat mamuju pada umumnya, agar masyarakat merasa disentuh dan dilayani atas aspirasinya terkait permasalahan persmasalahn yang terjadi, juga sebagai salah satu wujud pelayanan yg bisa dirasakan oleh warga binaan. Bhabin berupaya agar tdk terjadi tindakan kriminal dan berdampak pada tindak pidana. Meskupun hasil dari mediasi ini tidak ada jalan tengah maka bhabinkamtibmas menyerahkan kepada kedua belah pihak untuk menggunakan hak haknya masing masing (menempuh jalur hukum).

Giat peninjauan lokasi, serta mediasi berlansung mulai pukul 09.12 s/d pukul 14.17 wita.

Penulis : Wirad

Editor   : Alfian

Publish : Triyono Abidin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password